BERDZIKIR YANG BAIK MENURUT AHLI TASAWUF: Terjemah Minahus saniyah –15-

 Ngaji Kitab Terjemah Minahussaniyyah

Anjuran dan Keutamaan Dzikir, Keutamaan Majlis Dzikir, Majlis Mujahadah atau Tempat Berkumpul Mengingat Allah, Berdzikir yang Baik Menurut Ahli Tasawuf

 


بسم الله الرحمن الرحيم

  

Anjuran dan Keutamaan Dzikir

Janganlah engkau lalai dari dzikir (mengingat) Allah Ta’ala!

وَلَا تَغْفُلْ عَنْ ذِكْرِ اللهِ تَعَالَى

 

Para Ulama berkata: Barangsiapa lupa mengingat Allah Ta’ala, maka ia benar-benar kufur kepada-Nya.

فقد قالوا : من نسي الله تعالى فقد كفر به

 

Para Ulama berkata: “Setiap orang yang meremehkan lalai (mengingat Allah Ta’ala), padahal hal tersebut tidak lebih berat dibandingkan tebasan pedang, maka ia adalah pendusta yang tidak akan sedikitpun dapat menempuh jalan menuju Allah”.

وقالوا : كل من تساهل بالغفلة ولم تكن عليه أشد من ضرب السيوف فهو كاذب لا يجيء منه شيء فى الطريق،

 

Dan Para Ulama berkata: “Apabila seorang ‘Arif meninggalkan berdzikir dalam satu atau dua hembusan nafas, maka Allah Ta’ala akan mengirimkan syaitan kepadanya hingga ia berkawan dengannya. Sedangkan selain orang ‘Arif mendapat keringanan dari hal semacam itu, dan tidak akan dikenakan sanksi kecuali sebatas satu atau dua derajat, satu atau dua masa, satu atau dua jam sesuai dengan tingkatannya masing-masing”.

وقالوا : إذا ترك العارف الذكر نفسا أو نفسين قيض الله تعالى له شيطانا، فهو له قرين، وأما غير العارف فيسامح بمثل ذلك ولا يؤاخذ إلا فى مثل درجة أو درجتين أو زمن أو زمنين أو ساعة أو ساعتين على حسب المراتب

 

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan, Allah Ta’ala berfirman: “Aku menurut sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan selalu bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam suatu perkumpulan orang, maka Aku akan mengingatnya dalam perkumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya.

وقد روى الشيخان : قال الله تعالى : "أنا عند ظن عبدى بي وأنا معه إن ذكرنى، فإن ذكرنى فى نفسه ذكرته فى نفسي، وإن ذكرنى فى ملإ ذكرته فى ملإ خير من ملائه

 

Ibnu Hibban Meriwayatkan: Perbanyaklah berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai orang-orang menganggapmu orang gila.

وروى ابن حبان : "أكثروا ذكر الله تعالى حتى يقولوا مجنون".

 

Imam Muslim, Nasa’i dan Al-Bazzar meriwayatkan: “Maukah kalian aku beritahu sebaik-baik amal kalian, dan yang paling suci di sisi Raja (Tuhan) kalian, paling tinggi derajatnya, lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik daripada bertemu dengan musuh kalian kemudian kalian memenggal leher mereka, dan mereka memenggal leher kalian?" Mereka menjawab; Ya, (wahai Rasulallah). Beliau bersabda; “Berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla”.

وروى مسلم والنسائ والبزار : "ألا أنبئكم بخير أعمالكم وأزكاها عند مليككم وأرفعها فى درجاتكم وخير لكم من إنفاق الذهب والورق وخير لكم من أن تلقوا عدوكم فتضربوا أعناقهم ويضربوا أعناقكم؟ قالوا : بلى  . قال : ذكر الله عز وجل".

 

Imam Thabrani meriwayatkan: Tidak akan ada penyesalan bagi ahli surga kecuali satu waktu yang mereka lewatkan dan mereka tidak berdzikir kepada Allah Ta’ala pada waktu itu.

وروى الطبرنى : "ليس يتحسر أهل الجنة إلا على ساعة مرت بهم ولم يذكروا الله تعالى فيها".

 

Imam Thabrani juga meriwayatkan: Barangsiapa tidak berdzikir (mengingat) kepada Allah Ta’ala, maka ia benar-benar terlepas dari iman.

وروى أيضا : "من لم يذكر الله تعالى فقد برئ من الإيمان".

 

Imam Thabrani juga meriwayatkan: Perumpamaan orang yang berdzikir (ingat) kepada Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir adalah seperti orang hidup dan orang mati.

وروى أيضا : "مثل الذى يذكر ربه والذى لا يذكر مثل الحي والميت".

 

Dan Imam Thabrani juga meriwayatkan: Allah Ta’ala berfirman; “Wahai anak Adam! Sesungguhnya apabila engkau berdzikir kepada-Ku, maka engkau telah bersyukur kepada-Ku, dan apabila engkau lupa kepada-Ku, maka engkau telah kufur kepada-Ku

وروى أيضا : "يقول الله تعالى :"ياابن آدم إنك إذا ذكرتنى شكرتنى وإذا نسيتنى كفرتنى

 

Para Ulama berkata: Lupa disini diucapkan karena kelalaian atas bodoh terhadap Allah Ta’ala dan menyekutukan-Nya, dan lupa karena berpaling dari Allah Ta’ala dan jalan menuju kepada-Nya, yang keduanya merupakan perbuatan tercela”.

قالوا : وهذاالنسيان يطلق على نسيان غفلة الجهل بالله تعالى والإشراك به، وعلى نسيان غفلة الإعراض عن الله تعالى وطريقه، وكلاهما مذموم

 

Keutamaan Majlis Dzikir, Majlis Mujahadah atau Tempat Berkumpul Mengingat Allah

Imam At-Turmudzi meriwayatkan: “Jika kalian melewati taman-taman surga, nikmatilah”, para shahabat bertanya; “Wahai Rasulallah, apakah yang dimaksud taman-taman itu?”, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda; “Yaitu majlis-majlis dzikir”.

وروى الترمذى : "إذا مررتم برياض الجنة فارتعوا" قالوا : يا رسول الله وما رياض الجنة؟ قال : "حلق الذكر".

 

Imam At-Turmudzi juga meriwayatkan: “Barangsiapa shalat shubuh berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah Ta’ala hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah secara utuh dan sempurna”.

وروى أيضا : "من صلى الصبح فى جماعة ثم قعد يذكر الله تعالى حتى تطلع الشمس ثم صلى ركعتين كانت له كأجر حجة وعمرة تامة تامة".

 

Al-Bazzar meriwayatkan: “Orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala di dalam orang-orang-orang yang lalai, kedudukannya seperti orang yang sabar (tidak lari) dalam pertempuran disaat pasukan lainnya melarikan diri”.

وروى البزار : "ذاكر الله تعالى فى الغافلين بمنزلة الصابر فى الفارين".

 

Al-Bazzar juga meriwayatkan: “Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu perkumpulan, lalu berpisah darinya, sementara itu mereka tidak berdzikir (mengingat) kepada Allah Ta’ala dalam perkumpulan itu, kecuali seakan-akan mereka telah berpisah dari bangkai himar, dan majlis tersebut menjadi kerugian mereka kelak pada hari kiamat”.

وروى أيضا : "ما من قوم جلسوا مجلسا وتفرقوا عنه ولم يذكروا الله تعالى فيه إلا كأنما تفرقوا عن جيفة حمار، وكان عليهم حسرة يوم القيامة".

 

Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan:  “Tidaklah anak Adam memiliki hati kecuali dalam hatinya ada dua rumah, yang satu ditempati oleh malaikat dan yang satu lagi ditempati syaitan, lalu apabila ia berdzikir kepada Allah Ta’ala, syaitan akan pergi. Dan apabila ia tidak berdzikir kepada Allah Ta’ala, syaitan akan meletakkan paruhnya dalam hati dan menggangunya”.

وروى ابن أبى شيبة : "ما من آدمي إلا ولقلبه بيتان : فى أحدهما الملك، وفى الآخر الشيطان، فإذا ذكر الله تعالى خنس، وإذا لم يذكر الله تعالى وضع الشيطان منقاره فى قلبه ووسوس له".

 

Ibn Hibban meriwayatkan: “Semua orang yang berkumpul di padang mahsyar akan mengetahui sebagian orang yang mulia”. Beliau ditanya; “Siapakah orang yang mulia itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Orang yang selalu mengikuti majlis dzikir”.

وروى ابن حبان : "سيعلم أهل الجمع من أهل الكرم"، قيل : ومن أهل الكرم؟ قال : "أهل مجالسة الذكر".

 

Abu Dawud meriwayatkan: “Sungguh, aku duduk bersama kaum yang berdzikir kepada Allah Ta’ala sejak dari shalat shubuh hingga terbit matahari lebih aku sukai daripada aku membebaskan empat anak cucu Ismail”.

وروى أبو داود : "لأن أقعد مع قوم يذكرون الله تعالى من صلاة الغداة حتى تطلع الشمس أحب إلي من أن أعتق أربعة من ولد إسماعيل".

 

Imam Ahmad meriwayatkan: Hasil rampasan majlis-majlis dzikir adalah surga.

وروى الإمام أحمد : "غنيمة مجالس الذكر الجنة".

 

Syaikh ‘Izzuddin bin Abdussalam Rahimahullahu Ta’ala berkata: Hadits ini dan hadits-hadits serupa derajatnya disamakan dengan perintah, karena setiap perbuatan yang dipuji syaari’ (Nabi Muhammad selaku Pembuat Aturan), atau syaari’ memuji pelakunya karena yang ia lakukan, atau syaari’ menjanjikan kebaikan baik di dunia maupun nanti di akhirat merupakan perkara yang diperintahkan. Namun kedudukannya belum bisa dipastikan antara perintah wajib dan sunnatnya belum bisa dipastikan. Dan hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan dzikir sangatlah banyak. Untuk itu, ketahuilah hal tersebut wahai saudaraku, dan janganlah engkau menunggalkan dzikir sekalipun dalam keadaan lalai.

قال الشيخ عز الدين بن عبد السلام رحمه الله تعالى : وهذا الحديث وأمثاله يلحق بدرجة الأمر، لأن كل فعل مدحه الشارع أو مدح فاعله لأجله أو وعد عليه بخير عاجل أو آجل فهو مأمور به، لكنه تردد بين الإيجاب والندم، والأحاديث فى فضل الذكر كثيرة، فاعلم ذلك يا أخي ولا تترك الذكر (وَلَوْ مَعَ الْغَفْلةِ)،

 

Berdzikir yang Baik Menurut Ahli Tasawuf

Imam Sahl Rahimahullahu Ta’ala berkata: “Berangkatlah kalian menuju Allah Ta’ala walau dalam keadaan pincang atau patah anggota tubuhnya, janganlah kalian menunggu sehat, karena menunggu sehat merupakan perbuatan sia-sia”.

قال الإمام سهل رحمه الله تعالى : سيروا إلى الله تعالى عرجا ومكاسير ولا تنتظروا الصحة فإن انتظار الصحة بطالة

 

Penulis kitab “Al-Hikam” berkata: “Janganlah engkau meninggalkan dzikir hanya karena ketidak hadiran hatimu di hadapan Allah Ta’ala saat di dalam berdzikir, karena kelalaianmu dari adanya lafadz dzikir kepada-Nya (tidak berdzikir sama sekali) adalah lebih buruk daripada kelalaianmu saat dalam berdzikir kepada-Nya. Barangkali Allah berkenan mengangkat derajatmu dari dzikir yang disertai dengan kelalaian menuju dzikir yang disertai dengan kesadaran, dari dzikir yang disertai dengan kesadaran menuju dzikir yang disertai dengan hadirnya hati, dan dari dzikir yang disertai dengan hadirnya hati menuju dzikir yang menghilangkan segala sesuatu selain-Nya, dan yang demikian itu bagi Allah tidaklah sulit”. Ketahilah hal itu wahai saudaraku!

وقال صاحب الحكم : لا تترك الذكر لعدم حضورك مع الله تعالى فيه، لأن غفلتك عن وجود ذكره اشد من غفلتك مع وجود ذكره، وعسى أن يرفعك من ذكر مع وجود غفلة إلى ذكر مع وجود يقظة ومن ذكر مع وجود يقظة إلى ذكر مع وجود حضور، ومن ذكر مع وجود حضور إلى ذكر مع غيبة عما سوى المذكور وما ذلك على الله بعزيز . فاعلم ذلك يا أخى!

 

Wallahu ‘alam bisshawab.

Bersambung.

 

Edited by:

Kitabterjemahan.my.id

 

<< Ngaji Sebelumnya

Ngaji Berikutnya…>>

 

Post a Comment for "BERDZIKIR YANG BAIK MENURUT AHLI TASAWUF: Terjemah Minahus saniyah –15-"