TERJEMAH SULAM TAUFIQ 06
Zakat dan Puasa
بسم الله الرحمن الرحيم
BAB ZAKAT
Harta-harta yang Dikenakan Zakat
Fasal: Zakat itu wajib pada; unta, sapi, kambing,
kurma, anggur, tanaman, emas, perak, barang tambang, harta rikaz yang berupa
emas dan perak, harta perdagangan dan zakat fitrah. |
فَصْلٌ : وتَجِبُ الزَّكاةُ في:
الإبِلِ، والبَقَرِ، والغَنَمِ، والتَّمْرِ، والزَّبِيبِ، والزُّرُوعِ،
والذَّهَبِ، والفِضَّةِ، |
Aturan Dasar Zakat Binatang Ternak
Fasal: Awal nishab unta itu 5 ekor, untuk sapi 30
ekor dan untuk kambing adalah 40 ekor. Tidak ada kewajiban zakat pada
binatang ternak yang di bawah jumlah tersebut. Dan harus masuk haul
(satu tahun) serta digembalakan di padang rumput tanpa adanya pekerja.
(Apabila syarat tersebut terpenuhi) maka setiap 5 unta wajib membayar zakat
satu ekor kambing, setiap 40 kambing wajib membayar zakat satu ekor kambing
domba usia 1 tahun atau kambing jawa usia 2 tahun dan setiap 30 sapi wajib
membayar zakat satu ekor anak sapi usia 1 tahun. Kemudian binatang
peliharaannya melebihi jumlah tersebut maka harus mempelajari cara dan jumlah
membayar zakatnya sesuai dengan apa yang diwajibkan oleh Allah ta’ala
kepada hambanya. |
فَصْلٌ: وأوَّلُ نِصابِ الإبِلِ
خَمْسٌ، والبَقَرِ ثَلاثُونَ، والغَنَمِ أَرْبَعُونَ، فَلا زَكاةَ قَبْلَ ذٰلك؛
ولا بُدَّ مِنَ الحَوْلِ بَعْدَ ذٰلك، ولا بُدَّ مِنَ السَّوْمِ في كَلَأٍ،
وألّا تَكُونَ عامِلَةً. فَيَجِبُ في كُلِّ خَمْسٍ مِنَ الإبِلِ: شاةٌ ؛ وفي
أَرْبَعِينَ مِنَ الغَنَمِ: شاةٌ جَذَع ضَأْنٍ، أو ثَنِيّ مَعْزٍ، وفي ثَلاثِينَ
مِنَ البَقَرِ: تَبِيعٌ، ثُمَّ إنْ زادَتْ ماشِيَتُهُ على ذٰلك وَجَبَ عليه أنْ
يَتَعَلَّمَ ما أَوْجَبَهُ اللهُ تَعالَى عليه فيها. |
Aturan Dasar Zakat Tanaman Makanan Pokok
Fasal: Kurma, anggur dan tanaman makanan pokok itu
awal nishabnya adalah 5 watsaq,[1]
dengan ukuran lain yaitu 300 sha’ dengan ukuran sha’ nya Nabi
Muhammad SAW. Tanaman tahunan penghitungannya dikumpulkan menjadi satu, dan
tanaman yang berbeda jenis tidak bisa saling menyempurnakan hitungan. Zakat
buah-buahan wajib setelah buahnya sudah layak dan pada makanan pokok wajib
bijinya sudah mengeras. Pada zakat ini wajib mengeluarkan 1/10 dari seluruh
hasil panenan yang mencapai nishab apabila irigasinya tidak mengeluarkan
biaya. Apabila mengeluarkan biaya, zakat yang dibayarkan adalah separuhnya
(separuh dari 1/10 yakni 1/20). Kelebihan hasil panen dari nishab dikeluarkan
sebagai zakat sesuai dengan prosentasenya. Dan tidak wajib membayar zakat
pada hasil panen yang kurang dari satu nishab, kecuali (apabila tetap
dibayarkan) maka berlaku sedekah sunah. |
فَصْلٌ: وأمّا التَّمْرُ
والزَّبِيبُ والزُّرُوعُ فَأَوَّلُ نِصابِها خَمْسَةُ أَوْسُقٍ، وهي
ثَلاثُمِائَةِ صاعٍ بِصاعِهِ عليه الصَّلاةُ والسَّلامُ، ويُضَمُّ زَرْعُ العامِ
بَعْضُهُ إلى بَعْضٍ، ولا يُكَمَّلُ جِنْسٌ بِجِنْسٍ؛ وتَجِبُ الزَّكاةُ
بِبُدُوِّ الصَّلاحِ، واشْتِدادِ الحَبِّ، ويَجِبُ فيها العُشْرُ إنْ لم تُسْقَ بِمُؤْنَةٍ، ونِصْفُهُ إنْ
سُقِيتْ بِها، وما زادَ على النِّصابِ أَخْرَجَ منه بِقِسْطِهِ، ولا زَكاةَ
فِيما دُونَ النِّصابِ إلّا أنْ يَتَطَوَّعَ. |
Zakat Emas dan Perak
Fasal: Adapun Emas, nishab zakatnya adalah 20 mitsqal[2],
sedangkan perak 200 dirham[3].
Pada emas dan perak, wajib dibayarkan zakat 2,5 %. Jumlah yang melebihi
nishab juga dihitung. Dan pada zakat emas dan perak harus sudah memasuki haul,
kecuali emas dan perak yang didapatkan dari pertambangan dan rikaz
(harta karun). Oleh karena itu, pada keduanya ini harus dikeluarkan seketika
itu juga. Dan dalam harta rikaz zakat dikeluarkan adalah 1/5 nya.
|
فَصْلٌ: وأمَّا الذَّهَبُ
فَنِصابُهُ عِشْرُونَ مِثْقالًا، والفِضَّةُ مِائَتا دِرْهَمٍ، ويَجِبُ فِيهما
رُبْعُ العُشْرِ، وما زادَ فَبِحسابِهِ، ولا بُدَّ فِيهما مِنَ الحَوْلِ، إلّا
ما حَصَلَ مِنْ مَعدِنٍ ورِكازٍ فيُخْرِجُها حالًا، وفي الرِّكازِ الخُمُسُ. |
Zakat Perdagangan (Niaga)
Adapun zakat perdangan (niaga) itu nishab-nya sama
seperti emas dan perak sesuai dengan yang digunakan pada modal pertama. Harta
niaga tidak terkena zakat kecuali pada akhir tahun. Dan zakat yang wajib
dibayarkan adalah 2,5 % harga barang. |
وأمّا زَكاةُ التِّجارَةِ
فَنِصابُها نِصابُ ما اشْتُرِيَتْ بِهِ مَنَ النَّقْدَيْنِ، ولا يُعْتَبَرُ إلّا
آخِرَ الحَوْلِ، ويَجِبُ فِيها رُبْعُ عُشْرِ القِيمَةِ. |
Zakat Harta Campuran (PT. Firma, CV dan Usaha Bersama)
Faidah: Harta dua orang yang mencampur hartanya atau
beberapa orang itu seperti hartanya satu orang dalam hal nishab-nya dan jumlah
harta yang dikeluarkan sebagai zakat ketika syarat-syarat mencampur harta
telah terpenuhi. |
[فائدَةٌ]: ومالُ
الخَلِيطَيْنِ والخُلَطاءِ كَمالِ المُنْفَرِدِ في النِّصابِ والمُخْرَجِ إذا
كَمَلَتْ شُرُوطُ الخُلْطَةِ. |
Zakat Fitrah
Fasal: Zakat fitrah hukumnya wajib bagi seluruh
orang Islam ketika menemui bagian dari bulan Ramadhan dan bagian dari bulan
Syawal. Setiap orang Islam wajib membayar zakat fitrah untuk dirinya sendiri
dan seluruh orang Islam yang menjadi tanggung jawab menafkahinya.
Masing-masing orang mengeluarkan satu sha’ dari bahan makanan pokok
yang berlaku di daerahnya. Orang Islam yang berkewajiban membayar zakat
fitrah ini, ketika hartanya masih tersisa dari hutangnya, sandangnya, tempat
tinggalnya, makanan pokoknya dan makanan bagi orang-orang yang wajib
dinafkahinya serta sisa selama sehari semalamnya idul fitri. |
فَصْلٌ: وزَكاةُ الفِطْرِ تَجِبُ
بِإِدْراكِ جُزْءٍ مِنْ رَمَضانَ وجُزْءٍ مِنْ شَوّالٍ على كُلِّ مُسْلِمٍ، عليه
وعلى مَنْ عليه نَفَقَتُهُمْ إذا كانُوا مُسْلِمِينَ، على كُلِّ واحِدٍ صاعٌ
مِنْ غالِبِ قُوتِ البَلَدِ، إذا فَضَلَتْ عَنْ دَيْنِهِ وكِسْوَتِهِ
ومَسْكَنِهِ وقُوتِهِ وقُوتِ مَنْ عليه نَفَقَتُهُمْ يَوْمَ العِيدِ ولَيْلَتَهُ. |
Cara dan Waktu Niat Zakat serta Para Mustahiq (Penerima) Zakat
Fasal:
Wajib melakukan niat pada seluruh macam zakat, niat zakat dilakukan setelah
memisahkan harta zakat. Dan harta zakat diberikan kepada orang-orang fakir,
miskin, amil-amil zakat, muallaf, budak, para ghariim (orang-orang
yang memiliki hutang), Sabilillah (orang yang perang dijalan Allah)
dan ibnu sabil (para musafir). |
فَصْلٌ: وتَجِبُ النِّيَّةُ في
جَمِيعِ أَنْواعِ الزَّكاةِ، بَعْدَ الإفْرازِ. ويَجِبُ صَرْفُها إلى مَنْ
وُجِدَ مِنَ الفُقَراءِ، والمَساكِينِ، والعامِلِينَ عليها، والمُؤَلَّفَةِ
قُلُوبُهُمْ، وفي الرِّقابِ، والغارِمِينَ، وفي سَبِيلِ اللهِ، وابْنِ
السَّبِيلِ، ولا يَجُوزُ ولا يُجزِئُ صَرْفُها إلى غَيْرِهِمْ؛ |
BAB PUASA
Puasa yang Wajib dan Orang-orang yang Wajib Puasa
Fasal: Puasa di bulan Ramadhan itu hukumnya wajib
bagi seluruh orang muslim yamg mukallaf. Puasa Ramadhan tidak sah bagi
orang yang sedang haid dan nifas. Dan bagi wajib bagi perempuan haid atau
nifas mengganti (qadha’) puasa Ramadhannya. Musafir yang melakukan
perjalanan sampai jarak qashr boleh tidak menjalankan puasa, walaupun
puasanya tidak memberatkan Si musafir. Begitu juga orang yang sakit,
perempuan hamil, dan wanita menyusui yang merasakan kesulitan dan tidak mampu
puasa, mereka boleh membatalkan puasanya (tidak berpuasa) dan wajib meng-qadha’
nya. |
فَصْلٌ: يَجِبُ صَوْمُ شَهْرِ
رَمَضانَ على كُلِّ مُسْلِمٍ مُكَلَّفٍ؛ ولا يَصِحُّ مِنْ حائِضٍ ونُفَساءَ،
ويَجِبُ عليهما القَضاءُ؛ ويَجُوزُ الفِطْرُ لِمُسافِرٍ سَفَرَ قَصْرٍ، وإنْ لم
يَشُقَّ عليه الصَّوْمُ؛ ولمرِيضٍ، وحامِلٍ، ومُرْضِعٍ، شَقَّ عليهم مَشَقَّةً
لا تُحتَمَلُ الفِطْرُ، ويَجِبُ عليهم القَضاءُ. |
Rukun Puasa dan Syarat-syarat Puasa
Fasal: Wajib niat puasa di malam hari, menyebutkan
niat puasa setiap malam, wajib menahan diri dari bersetubuh, mengeluarkan
mani, berupaya muntah, keluar dari islam (murtad), memasukkan sesuatu ke
rongga tubuh kecuali air ludah yang masih murni dan suci (tidak tercampur)
yang keluar dari asalnya, tidak gila walaupun sebentar, dan tidak ayan
seharian. |
فَصْلٌ: ويَجِبُ التَّبْيِيتُ،
والتَّعْيينُ في النِّيَّةِ لِكُلِّ يَوْمٍ، والإمْساكُ عن: الجِماعِ،
والاسْتِمْناءِ، والاسْتِقاءَةِ، وعن الرِّدَّةِ، وعَنْ دُخُولِ عَيْنٍ جَوْفًا،
إلّا رِيقَهُ الخالِصَ الطّاهِرَ مِنْ مَعْدِنِهِ وأنْ لا يُجَنَّ ولو لَحْظَةً،
وأنْ لا يُغْمَى عليه كُلَّ اليَوْمِ. |
Waktu-waktu yang Haram (Tidak Diperbolehkan) Puasa
Puasa pada idul fitri dan idul adha berserta
harai-hari tasyriq itu tidak sah. Begitu juga separuh akhir bulan
Sya’ban dan hari syak (ragu apakah sudah masuk Ramadhan atau masih
Sya’ban), kecuali menyambung puasa dengan waktu sebelumnya atau untuk puasa qadha’,
nadzar atau puasa wirid. |
فَصْلٌ : ولا يَصِحُّ صَوْمُ
العِيدَيْنِ، وأيّامِ التَّشْرِيقِ، وكَذا النِّصْفُ الأَخِيرُ مِنْ شَعْبانَ
ويَومُ الشَّكِّ، إلّا أنْ يَصِلَهُ بِما قَبْلَهُ، أو لِقَضاءٍ أو نَذْرٍ أو
وِرْدٍ. |
Sanksi Orang yang Merusak Puasa karena Bersetubuh
Wallahu
a’lam bisshawab
Bersambung…
Diterjemah oleh:
Admin kitabterjamahan.my.id
Ngaji
Selanjutnya … >> |
Post a Comment for "TERJEMAH SULAM TAUFIQ 06: Zakat dan Puasa"