Perbedaan Haddatsani, Akhbarani dan Ajazani dalam Hadits dan Pembagian Qiyas: - TERJEMAH WARAQAT-03-

 Ngaji Kitab Terjemahan Waraqat

Ijma’, Akhbar (khabar mutawatir, ahad, musnad, mursal, Perbedaan HaddatsaniAkhbarani dan Ajazani dalam Hadits), Qiyas (Pembagian Qiyas, pengertian ‘illah dan Hukum)

Waraqat: Ijma dan Qiyas

بسم الله الرحمن الرحيم

15. Ijma’

Adapun ijma’ adalah kesepakatan ulama’ suatu masa atas hukum dari suatu masalah baru yang terjadi.

وَإِمَّا الْإِجْمَاع فَهُوَ اتِّفَاق عُلَمَاء الْعَصْر على حكم الْحَادِثَة

 

 

Yang kami maksud dengan ulama’ adalah ahli-ahli fiqih, dan yang kami maksud dengan masalah baru yang terjadi adalah masalah syar’iyyah (agama).

ونعني بالعلماء الْفُقَهَاء ونعني بالحادثة الْحَادِثَة الشَّرْعِيَّة

 

 

Dan Ijma’ ummat ini adalah dalil, tidak selain umat ini, karena sabda nabi SAW: “ummatku tidak akan berkumpul dalam kesesata, dan syariat telah menyampaikan terjaganya ummat ini (dari kesesatan).

وَإِجْمَاع هَذِه الْأمة حجَّة دون غَيرهَا لقَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لاتجتمع أمتِي على ضَلَالَة وَالشَّرْع ورد بعصمة هَذِه الْأمة

 

Ijma’ adalah dalil atas periode kedua dan dalam periode / masa manapun.

وَالْإِجْمَاع حجَّة على الْعَصْر الثَّانِي وَفِي أَي عصر كَانَ

 

Berlakunya Ijma’ sebagai dalil tidak disyaratkan habisnya masa (para pelaku ijma’)

وَلَا يشْتَرط في حجيته انْقِرَاض الْعَصْر

 

Jika kita mengatakan “habisnya masa” adalah sebuah syarat, maka ucapan orang yang dilahirkan di masa ulama-ulama tersebut dan ia belajar sampai menjadi mujtahid, maka mereka berhak mencabut hukum tersebut.

فَإِن قُلْنَا انْقِرَاض الْعَصْر شَرط يُعْتَبر قَول من ولد فِي حياتهم وتفقه وَصَارَ من أهل الِاجْتِهَاد فَلهم أَن يرجِعوا عَن ذَلِك الحكم

 

 

Ijma’ itu sah dengan perkataan mereka, dengan perbuatan mereka, dengan ucapan sebagian, dengan perbuatan sebagian dan menyebarnya semua itu dan diamya ulama yang lain.

وَالْإِجْمَاع يَصح بقَوْلهمْ وبفعلهم وَبقول الْبَعْض وبفعل الْبَعْض وانتشار ذَلِك وسكوت البَاقِينَ

 

 

Ucapan satu sahabat itu tidak menjadi dalil atas lainya, menurut qaul jadiid.

وَقَول الْوَاحِد من الصَّحَابَة لَيْسَ حجَّة على غَيره على القَوْل الْجَدِيد.

 

16. Akhbar

Akhbar adalah khabar[1] yakni perkara yang bisa bernilai kebenaran dan bernilai kebohongan.

وَأما الْأَخْبَار فَالْخَبَر مَا يدْخلهُ الصدْق وَالْكذب

 

dan khabar terbagi menjadi dua, yaitu: khabar ahad dan khabar mutawatir.

وَالْخَبَر يَنْقَسِم إِلَى قسمَيْنِ آحَاد ومتواتر

 

Khabar mutawatir adalah kabar / berita yang bisa menimbulkan ilm (yakin). Mutawatir merupakan kabar/ berita yang diriwayatkan oleh suatu kelompok yang tidak mungkin bersepakat pada kebohongan dari sesama kelompok mereka sampai pada sumber khabar/ berita.

فالمتواتر مَا يُوجب الْعلم وَهُوَ أَن يرْوى جمَاعَة لَا يَقع التواطؤ على الْكَذِب من مثلهم إِلَى أَن يَنْتَهِي إِلَى الْمخبر عَنهُ.

 

Khabar mutawatir sumbernya dari menyaksikan atau mendengarkan, bukan dari ijtihad.

وَيكون فِي الأَصْل عَن مُشَاهدَة أَو سَماع لَا عَن اجْتِهَاد

 

Khabar ahad adalah khabar yang mengharuskan untuk dikerjakan dan tidak sampai menimbulkan ilm (yakin).

والآحاد هُوَ الَّذِي يُوجب الْعَمَل وَلَا يُوجب الْعلم

 

 

Dan Khabar ahad terbagi menjadi khabar mursal dan khabar musnad

وينقسم إِلَى مُرْسل ومسند

 

khabar musnad adalah khabar yang mata rantai (sanadnya) sambung (muttashil)

فالمسند ما اتصل اسناده

 

khabar mursal adalah khabar yang mata rantai (sanadnya) tidak bersambung (tidak muttashil)

والمرسل ما لم يتصل اسناده

 

Selanjutnya, Apabila orang-orang yang menyampaikan khabar-khabar mursal itu bukan dari kelompok sahabat, maka tidak bisa dijadikan dalil, kecuali hadits-hadits mursal-nya Sa’ad bin Musayyab.

فان كان من مراسيل غير الصحابة فليس بحجة الا مراسيل سعيد بن المسيب،

 

Karena khabar-khabar mursal Sa’ad bin Musayyab sudah diteliti, kemudian telah ditemukan mata rantainya yakni para sahabat.

فانها فتشت فوجدت مسانيد الصحابي.

 

Khabar An’anah termasuk dari khabar musnad.

والعنعنة تدخل على الاسناد

 

Apabila seorang Syaikh membaca, maka boleh bagi periwayat hadits (rawi) mengatakan haddasani atau akhbarani

وَإِذا قَرَأَ الشَّيْخ يجوز للراوي أَن يَقُول حَدثنِي أَو أَخْبرنِي

 

dan jika perawi (yang sedang meminta riwayat hadits) membacakan kepada Sang Syaikh, maka Si Periwayat Hadits mengucapkan akhbaroni, dan tidak boleh mengucapkan haddasani.

وَإِذا قَرَأَ هُوَ على الشَّيْخ فَيَقُول أَخْبرنِي وَلَا يَقُول حَدثنِي

 

 

dan jika seorang guru memberinya ijazah tanpa membacakan riwayat, maka Si Periwayat mengucapkan ajazani atau akhbaroni ijazatan.

وَإِن أجَازه الشَّيْخ من غير رواية[2] فَيَقُول أجازني أَو أَخْبرنِي إجَازَة

 

17. Qiyas

Adapun Qiyas adalah mengembalikan cabang kepada asal, karena suatu ‘illah (alasan) yang mengumpulkan keduanya dalam hukum.

وَأما الْقيَاس فَهُوَ رد الْفَرْع إِلَى الأَصْل بعلة تجمعهما فِي الحكم

 

 

Qiyas terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. qiyas illah,

2. qiyas dalalah, dan

3. qiyas syibh.

وَهُوَ يَنْقَسِم إِلَى ثَلَاثَة أَقسَام إِلَى قِيَاس عِلّة وَقِيَاس دلَالَة وَقِيَاس شبه

 

Qiyas illah adalah Qiyas yang di dalamnya terdapat ‘illah, dan ‘illah tersebut menetapkan sebuah hukum.

فَقِيَاس الْعلَّة مَا كَانَت الْعلَّة فِيهِ مُوجبَة للْحكم

 

Qiyas dalalah adalah mengambil salah satu dua pandangan sebagai penunjuk. Qiyas dalalah itu keberadaan ‘illah-nya sebagai indikator sebuah hukum bukan menetapkan hukum.

وقياس الدلالة هو الاستدلال بأحد النظيرين على الاخر، وهو ان تكون العلة دالة على الحكم ولا تكون موجبة الحكم.

 

Qiyas syibh adalah qiyas yang cabang-nya (al far’u) terdapat keserupaan antara dua asal, kemudian disamakan pada asal yang memiliki lebih banyak persamaannya.

وَقِيَاس الشّبه هُوَ الْفَرْع المردد بَين أصلين فيلحق باكثرهما شبها.

 

Salah satu syarat cabang (al far’u) adalah terdapat keselarasan pada asal.

وَمن شَرط الْفَرْع أَن يكون مناسبا للْأَصْل

 

dan salah satu syarat asal adalah tertetapkan dengan dalil yang disepakati oleh dua pihak yang berbeda pendapat.

وَمن شَرط الأَصْل أَن يكون ثَابتا بِدَلِيل مُتَّفق عَلَيْهِ بَين الْخَصْمَيْنِ

 

dan salah satu syarat ‘illah adalah harus berlaku pada seluruh ma’lul (masalah-masalah yang terdapat ‘illah tersebut). Oleh karena itu, ‘illah tidak boleh rusak secara lafadz-nya dan maknanya.

وَمن شَرط الْعلَّة أَن تطرد فِي معلولاتها فَلَا تنتقض لفظا وَلَا معنى

 

dan termasuk syarat hukum adalah menyamai ‘illah dalam ada dan tidaknya.

وَمن شَرط الحكم أَن يكون مثل الْعلَّة فِي النَّفْي وَالْإِثْبَات

 

‘illah adalah sesuatu yang menarik atau mendatangkan pada adanya hukum

وَالْعلَّة هِيَ الجالبة للْحكم

 

Hukm adalah sesuatu yang ditarik  atau didatangkan keberadaannya oleh ‘illah.

والحكم هو المجلوب للعلة

 

Wallahu a’lam bisshawab

Bersambung 

Edited By: Kitabterjemahan.my.id

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>



[1] Akhbar merupakan bentuk jamak dari khabar. Definisi khabar dalam kitab ini adalah definisi menurut bahasa. Sedangkan menurut istilah khabar adalah apa-apa yang dikatakan, diperbuat dan ditetapkan oleh Rasulullah. Sehingga dalam membaca kitab ini, boleh kata khabar boleh dimaknai dengna hadits.
Hadits juga disebut sebagai kalam khabar yakni kalimat-kalimat yang bisa jadi benar atau bisa jadi salah, dalam arti kemungkinan benar dan salahnya adalah fifty:fifty. pengkategorian ini berdasarkan redaksionalnya saja, sementara secara hakikatnya hadits tidak mungkin mengandung kesalahan. Lihat kitab Lathoiful isyarah, hal. 48.

[2] admin menulis dari kitab waraqat cetakan al Hidayah Surabaya. Sedangkan dalam redaksi kitab cetakan lain, kata-katanya bukan رواية , akan tetapi قِرَاءَة

Post a Comment for "Perbedaan Haddatsani, Akhbarani dan Ajazani dalam Hadits dan Pembagian Qiyas: - TERJEMAH WARAQAT-03-"