Ngaji Kitab Terjemahan Waraqat
Ijma’, Akhbar (khabar mutawatir, ahad, musnad, mursal, Perbedaan Haddatsani, Akhbarani dan Ajazani dalam Hadits), Qiyas (Pembagian Qiyas, pengertian ‘illah dan Hukum)
بسم الله الرحمن الرحيم
15. Ijma’
Adapun ijma’ adalah
kesepakatan ulama’ suatu masa atas hukum dari suatu
masalah baru yang terjadi. |
وَإِمَّا الْإِجْمَاع فَهُوَ اتِّفَاق عُلَمَاء الْعَصْر على حكم
الْحَادِثَة |
Yang kami maksud dengan
ulama’ adalah ahli-ahli fiqih, dan yang kami maksud dengan masalah baru yang
terjadi adalah masalah syar’iyyah (agama). |
ونعني بالعلماء الْفُقَهَاء ونعني بالحادثة الْحَادِثَة
الشَّرْعِيَّة |
Dan Ijma’ ummat ini
adalah dalil, tidak selain umat ini, karena sabda nabi SAW: “ummatku tidak
akan berkumpul dalam kesesata”, dan syariat telah menyampaikan
terjaganya ummat ini (dari kesesatan). |
وَإِجْمَاع هَذِه
الْأمة حجَّة دون غَيرهَا لقَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لاتجتمع أمتِي على
ضَلَالَة وَالشَّرْع ورد بعصمة هَذِه الْأمة |
Ijma’ adalah dalil atas periode
kedua dan dalam periode / masa manapun. |
وَالْإِجْمَاع حجَّة على الْعَصْر الثَّانِي وَفِي أَي عصر كَانَ |
Berlakunya Ijma’ sebagai
dalil tidak disyaratkan habisnya masa (para pelaku ijma’) |
وَلَا يشْتَرط في حجيته
انْقِرَاض الْعَصْر |
Jika kita mengatakan “habisnya
masa” adalah sebuah syarat, maka ucapan orang yang dilahirkan di masa ulama-ulama
tersebut dan ia belajar sampai menjadi mujtahid, maka mereka berhak mencabut
hukum tersebut. |
فَإِن قُلْنَا انْقِرَاض الْعَصْر شَرط يُعْتَبر قَول من ولد فِي
حياتهم وتفقه وَصَارَ من أهل الِاجْتِهَاد فَلهم أَن يرجِعوا عَن ذَلِك الحكم |
Ijma’ itu sah dengan
perkataan mereka, dengan perbuatan mereka, dengan ucapan sebagian, dengan
perbuatan sebagian dan menyebarnya semua itu dan diamya ulama yang lain. |
وَالْإِجْمَاع يَصح بقَوْلهمْ وبفعلهم وَبقول الْبَعْض وبفعل
الْبَعْض وانتشار ذَلِك وسكوت البَاقِينَ |
Ucapan satu sahabat itu
tidak menjadi dalil atas lainya, menurut qaul jadiid. |
وَقَول الْوَاحِد من الصَّحَابَة لَيْسَ حجَّة على غَيره على
القَوْل الْجَدِيد. |
16. Akhbar
Akhbar adalah khabar[1]
yakni perkara yang bisa bernilai kebenaran dan bernilai kebohongan. |
وَأما الْأَخْبَار فَالْخَبَر مَا يدْخلهُ الصدْق وَالْكذب |
dan khabar terbagi menjadi dua, yaitu: khabar ahad
dan khabar mutawatir. |
وَالْخَبَر يَنْقَسِم إِلَى قسمَيْنِ آحَاد ومتواتر |
Khabar mutawatir adalah kabar / berita
yang bisa menimbulkan ilm (yakin). Mutawatir merupakan kabar/ berita
yang diriwayatkan oleh suatu kelompok yang tidak mungkin bersepakat pada
kebohongan dari sesama kelompok mereka sampai pada sumber khabar/ berita. |
فالمتواتر مَا يُوجب الْعلم وَهُوَ أَن يرْوى
جمَاعَة لَا يَقع التواطؤ على الْكَذِب من مثلهم إِلَى أَن يَنْتَهِي إِلَى
الْمخبر عَنهُ. |
Khabar mutawatir sumbernya dari menyaksikan
atau mendengarkan, bukan dari ijtihad. |
وَيكون فِي الأَصْل عَن مُشَاهدَة أَو سَماع لَا
عَن اجْتِهَاد |
Khabar ahad adalah khabar yang mengharuskan
untuk dikerjakan dan tidak sampai menimbulkan ilm
(yakin). |
والآحاد هُوَ الَّذِي يُوجب الْعَمَل وَلَا يُوجب الْعلم |
Dan Khabar ahad terbagi menjadi khabar mursal dan khabar
musnad |
وينقسم إِلَى مُرْسل ومسند |
khabar musnad adalah khabar yang mata
rantai (sanadnya) sambung (muttashil) |
فالمسند ما اتصل اسناده |
khabar mursal adalah khabar yang mata
rantai (sanadnya) tidak bersambung (tidak muttashil) |
والمرسل ما لم يتصل اسناده |
Selanjutnya, Apabila orang-orang yang menyampaikan khabar-khabar
mursal itu bukan dari kelompok sahabat, maka tidak bisa dijadikan dalil,
kecuali hadits-hadits mursal-nya Sa’ad bin Musayyab. |
فان كان من مراسيل غير الصحابة فليس بحجة الا مراسيل سعيد بن
المسيب، |
Karena khabar-khabar mursal Sa’ad bin Musayyab sudah diteliti,
kemudian telah ditemukan mata rantainya yakni para sahabat. |
فانها فتشت فوجدت مسانيد الصحابي. |
Khabar An’anah termasuk dari khabar
musnad. |
والعنعنة تدخل على الاسناد |
Apabila seorang Syaikh membaca, maka boleh bagi periwayat hadits
(rawi) mengatakan haddasani atau akhbarani |
وَإِذا قَرَأَ الشَّيْخ يجوز للراوي أَن يَقُول حَدثنِي أَو
أَخْبرنِي |
dan jika perawi (yang sedang meminta riwayat hadits) membacakan
kepada Sang Syaikh, maka Si Periwayat Hadits mengucapkan akhbaroni,
dan tidak boleh mengucapkan haddasani. |
وَإِذا قَرَأَ هُوَ على الشَّيْخ فَيَقُول أَخْبرنِي وَلَا يَقُول
حَدثنِي |
dan jika seorang guru memberinya ijazah tanpa membacakan
riwayat, maka Si Periwayat mengucapkan ajazani atau akhbaroni
ijazatan. |
وَإِن أجَازه الشَّيْخ من غير رواية[2] فَيَقُول أجازني أَو
أَخْبرنِي إجَازَة |
17. Qiyas
Adapun Qiyas
adalah mengembalikan cabang kepada asal, karena suatu ‘illah (alasan)
yang mengumpulkan keduanya dalam hukum. |
وَأما الْقيَاس فَهُوَ رد الْفَرْع إِلَى الأَصْل بعلة تجمعهما فِي
الحكم |
Qiyas terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: 1. qiyas illah, 2. qiyas dalalah, dan 3. qiyas syibh. |
وَهُوَ يَنْقَسِم إِلَى ثَلَاثَة أَقسَام إِلَى قِيَاس عِلّة
وَقِيَاس دلَالَة وَقِيَاس شبه |
Qiyas
illah adalah Qiyas yang di dalamnya terdapat
‘illah, dan ‘illah tersebut menetapkan sebuah hukum. |
فَقِيَاس الْعلَّة مَا كَانَت الْعلَّة فِيهِ مُوجبَة للْحكم |
Qiyas
dalalah adalah mengambil salah satu dua pandangan
sebagai penunjuk. Qiyas dalalah itu keberadaan ‘illah-nya
sebagai indikator sebuah hukum bukan menetapkan hukum. |
وقياس الدلالة هو الاستدلال بأحد النظيرين على الاخر، وهو ان تكون
العلة دالة على الحكم ولا تكون موجبة الحكم. |
Qiyas
syibh adalah qiyas yang cabang-nya (al far’u)
terdapat keserupaan antara dua asal, kemudian disamakan pada asal
yang memiliki lebih banyak persamaannya. |
وَقِيَاس الشّبه هُوَ الْفَرْع المردد بَين أصلين فيلحق باكثرهما
شبها. |
Salah satu syarat cabang (al
far’u) adalah terdapat keselarasan pada asal. |
وَمن شَرط الْفَرْع أَن يكون مناسبا للْأَصْل |
dan salah satu syarat asal
adalah tertetapkan dengan dalil yang disepakati oleh dua pihak yang berbeda
pendapat. |
وَمن شَرط الأَصْل أَن يكون ثَابتا بِدَلِيل مُتَّفق عَلَيْهِ بَين
الْخَصْمَيْنِ |
dan salah satu syarat ‘illah adalah harus berlaku pada
seluruh ma’lul (masalah-masalah yang terdapat ‘illah tersebut).
Oleh karena itu, ‘illah tidak
boleh rusak secara lafadz-nya dan maknanya. |
وَمن شَرط الْعلَّة أَن تطرد فِي معلولاتها فَلَا تنتقض لفظا وَلَا
معنى |
dan termasuk syarat hukum adalah menyamai ‘illah dalam
ada dan tidaknya. |
وَمن شَرط الحكم أَن يكون مثل الْعلَّة فِي
النَّفْي وَالْإِثْبَات |
‘illah adalah sesuatu yang
menarik atau mendatangkan pada adanya hukum |
وَالْعلَّة هِيَ الجالبة للْحكم |
Hukm adalah sesuatu yang
ditarik atau didatangkan keberadaannya
oleh ‘illah. |
والحكم هو المجلوب للعلة |
Wallahu a’lam bisshawab
Bersambung
Edited By: Kitabterjemahan.my.id
Ngaji
Berikutnya…>> |
[1] Akhbar
merupakan bentuk jamak dari khabar. Definisi khabar dalam kitab ini adalah
definisi menurut bahasa. Sedangkan menurut istilah khabar adalah apa-apa yang
dikatakan, diperbuat dan ditetapkan oleh Rasulullah. Sehingga dalam membaca
kitab ini, boleh kata khabar boleh dimaknai dengna hadits.
Hadits juga disebut sebagai kalam khabar yakni kalimat-kalimat yang bisa
jadi benar atau bisa jadi salah, dalam arti kemungkinan benar dan salahnya
adalah fifty:fifty. pengkategorian ini berdasarkan redaksionalnya saja,
sementara secara hakikatnya hadits tidak mungkin mengandung kesalahan. Lihat
kitab Lathoiful isyarah, hal. 48.
[2] admin menulis dari kitab waraqat
cetakan al Hidayah Surabaya. Sedangkan dalam redaksi kitab cetakan lain,
kata-katanya bukan رواية ,
akan tetapi قِرَاءَة
Post a Comment for "Perbedaan Haddatsani, Akhbarani dan Ajazani dalam Hadits dan Pembagian Qiyas: - TERJEMAH WARAQAT-03-"