Ngaji Kitab Terjemah Minahussaniyyah
المِنَحُ السَّنِيَّةِ عَلَى الوَصِيَّةِ المَتْبُولِيَّةِ
سيدي عبد الوهاب الشعراني
Kitab Minahussaniyyah, Karya Syaikh Abdul Wahab Assya'rani |
بسم
الله الرحمن الرحيم
Dengan
menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi
Allah yang mewajibkan bertaubat dan mengharamkan berbuat dosa secara
terus-menerus. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang Esa yang
tiada sekutu bagi-Nya dan (lagi) Yang menetapkan segala akibat. Dan aku
bersaksi bahwa baginda dan Nabi kita Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya
yang terpilih. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan kesejahteraan
atas Nabi kita, keluarganya dan para sahabat-sahabatnya yang menjadi
pemimpin-pemimpin kebaikan. |
بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله الذى فرض التوبة وحرم
الإصرار، وأشهد أن لا اله إلا الله وحده لا شريك له كاتب الأثار، وأشهد أن سيدنا
ونبينا محمدا عبده ورسوله صفة الأخيار، صلى الله وسلم عليه وعلى آله وصحبه
السادة الأبرار. |
(Selanjutnya)
Kitab ini merupakan catatan atas wasiat guru yang ‘arif billahi Ta’ala yaitu Syaikh Abu Ishaq
Ibrahim Al-Matbuliy. Semoga Allah mengharumkan makam beliau, menjadikan surga
sebagai pengganti dan tempat kembalinya, memberikan manfa’at kepada kami dan
kaum muslimin lantaran berkahnya, dan semoga Allah melimpahkan kebaikan
do’a-do’anya kepadaku serta kepada mereka semua. Hanya kepada Allah aku
memohon untuk menjadikan buku ini sebagai buku yang bermanfa’at yang murni
hanya karena mengharapkan ridha-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas
segala sesuatu. |
(وبعد) فهذا
تعليق على وصية الشيخ العارف بالله تعالى أبى إسحاق إبراهيم المتبولى طيب الله
ثراه، وجعل الجنة متقلبه ومثواه، ونفعنا والمسلمين ببركاته، وأعاد علي وعليهم من
صالح دعواته، والله تعالى أسأل أن ينفع به وأن يجعله خالصا لوجهه، إنه على كل
شيء قدير. |
(Wasiat Pertama:
“Wajib bagimu istikamah (terus-menerus) dalam bertaubat, Wahai saudaraku!”) |
(اول الوصية :
عَلَيْكَ أَيُّهَا الْأَخُ بِالْإِسْتِقَامَةِ فِى التَّوْبَةِ) |
Taubat,
menurut bahasa adalah; kembali. Dan menurut istilah syara’ yaitu;
Kembali dari perbuatan yang tercela menurut syariat menuju perbuatan yang
terpuji menurut syariat. |
التوبة فى اللغة الرجوع، يقال
: تاب، اى رجع، وفى الشرع : الرجوع عما كان مذموما فى الشرع إلى ما هو
محمود فى الشرع، |
Taubat
memiliki tahap permulaan dan puncak. Permulaan
taubat yaitu; Bertaubat dari dosa-dosa besar, kemudian dari dosa-dosa kecil,
dari perkara makruh, dari perbuatan yang berlawanan dengan yang lebih utama,
dari melihat perkara-perkara yang indah dan cantik, dari pandangannya bahwa dirinya
telah masuk kelompok orang-orang fakir di zamannya, dari anggapan bahwa
dirinya telah benar dalam bertaubat, ataupun bertaubat dari segala bisikan
hati yang tidak diridlai Allah Ta’ala. |
ولها بداية ونهاية. فبدايتها التوبة من الكبائر، ثم
الصغائر، ثم المكروهات، ثم من خلاف الأولى، ثم من رؤيته الحسنات، ثم من رؤيته
أنه صار معدودا من فقراء الزمان، ثم من رؤيته أنه صدق فى التوبة، ثم من كل خاطر
يخطر له فى غير مرضاة الله تعالى. |
Adapun
puncaknya yaitu; Bertaubat setiap kali lupa dari menyaksikan Tuhannya yakni
Allah Ta’alau walaupun sekejap mata. |
وأما نهايتها فالتوبة كلما غفل عن
شهود ربه تعالى طرفة عين. |
Ulama
ahli tahqiq dari kalangan penempuh jalan menuju Allah mengemukakan bahwa;
“Barangsiapa yang menyesal atas dosa-dosanya dan mengakuinya, maka taubatnya
sudah sah. Karena Allah Ta’ala tidak mengisahkan kepada kita tentang
taubatnya leluhur kita yakni Nabi Adam ‘Alaihissalam kecuali pengakuan
dan penyesalan, sebab bilamana ada yang melebihi dari itu, niscaya Allah
pasti mengisahkannya kepada kita. |
وذكر المحققون من أهل الطريق أن من
ندم على ذنبه واعتىرف به فقد صحت توبته، لأن الله تعالى لم يقص علينا فى توبة
أبينا السيد آدم عليه الصلاة والسلام إلا الإغتراف والندم، فلو كان ثم أمر زائد
لقصه علينا. |
Pernyataan
para Ulama yang mengatakan bahwa; “Termasuk syarat taubat yaitu harus
berhenti, dan bertekad untuk tidak mengulangi kembali” hanyalah pengambilan
berdasarkan hasil istinbath (pengambilan kesimpulan dari sumber
hukum), sebab orang yang menyesali sesuatu itu sebagian ciri-cirinya adalah
berhenti dan bertekad untuk tidak mengulanginya kembali. |
وقول العلماء : أن من شرط التوبة
الإقلاع، والعزم أن لا يعود: إنما أخذوه بطريق الإستنباط، إذ النادم على شيء من
لوازمه الإقلاع، والعزم أن لا يعود، |
Sudah
diketahui bahwasanya dengan taubat, hak-hak Allah ta’ala ( ketaatan
yang dilanggar) akan diampuni berhubungan dengan Allah Ta’ala, dan
diampuni pula kedzaliman seorang hamba terhadap diri sendiri dengan melakukan
kemaksiatan selain menyekutukan Allah Ta’ala, walaupun ia kembali
mengulangi lagi perbuatan dzalim terhadap diri sendiri, dan kuga selain dosa
yang berupa hak-hak dengan sesama manusia yang berupa harta dan kehormatan.
Penjelasan kedua hak tersebut akan dijelaskan nanti insya Allah Ta’ala. |
ومعلوم أن بالتوبة تغفر حقوق الله
تعالى وظلم العبد لنفسه بارتكاب المعاصى دون الشرك بالله تعالى وإن كان هو يرجع
الى ظلم النفس ايضا، ودون حقوق الخلق من مال وعرض، وسيأتى الكلام عليهما إن شاء
الله تعالى، |
Syaikh
Al-Matbuly mengawali wasiatnya dengan taubat, karena taubat merupakan
landasan utama bagi setiap maqam (kedudukan) yang akan didaki oleh
seorang hamba sampai mati. Ibarat orang yang tidak memiliki tanah, ia pun
tidak akan memiliki bangunan, demikian pula orang yang tidak bertaubat, maka
baginya tidak ada upaya dan maqam sedikitpun. |
وبدأ الشيخ بالتوبة لأنها أساس لكل
مقام يترقى اليه العبد حتى يموت، فكما أن من لا أرض له لا بناء له، كذلك من لا
توبة له فلا حال له ولا مقام. |
Sebagian
dari pernyataan para Ulama adalah; “Barangsiapa yang memperkuat maqam taubatnya,
maka Allah Ta’ala akan menjaganya dari segala kecacatan amal
perbuatannya”. Taubat merupakan maqam yang setara dengan maqam zuhud
(meninggalkan) duniawi, (dalam hal) pelaku zuhud akan dijaga dari segala
sesuatu yang akan menghalanginya dari Allah Al Haqq Ta’ala. |
ومن كلامهم "من أحكم مقام
توبته حفظ الله تعالى من سائر الشوائب التى فى الأعمال" فهى نظير مقام
الزهد فى الدنيا يحفظه صاحبه من سائر ما يحجب عن الحق تعالى، |
Syaikh
Al-Matbuliy menganjurkan istikamah dalam bertaubat, karena ketika di dalam
taubat terdapat kebengkokan, maka seluruh maqam setelah maqam
taubat akan tercabut kekuatannya, hingga susunan bangunan maqam
(yang telah diupayakan) menjadi runtuh.
Seperti halnya seseorang yang membangun pagar bangunan dari batu bata
kering tanpa adonan tanah (semen/ pasir). |
وحث على "الإستقامة فى
التوبة" لأنه متى ما كان فى التوبة اعوجاج انسحب حكمه فى كل مقام بعده
فيصير بناؤه مهلهلا كمن بنى حائطه من اللبن اليابس بغير طين. |
Tuanku
Muhammad bin ‘Inan Rahimahullahu Ta’ala berkata; Barangsiapa
yang istikamah dalam bertaubat dari segala bentuk kemaksiatan, maka ia akan
naik menuju taubat dari semua perkara yang tidak bermanfaat, dan barangsiapa
yang tidak istiqamah dalam bertaubat, maka ia tidak akan dapat mencium
satupun aroma yang keluar dari taubatnya, dan selama-lamanya ia tidak akan
mampu menjaga bisikan hatinya, bahkan bisikan-bisikan maksiat akan selalu
menguasainya hingga di dalam shalatnya. |
قال سيدى محمد ابن عنان رحمه الله
تعالى : من إستقام فى توبته عن المعاصى ارتقى الى التوبة من كل ما لا يعنى، ومن
لم يستقم فيها لا يشم من التوبة عن الفضول رائحة، ولا يقدر على رعاية خاطره
أبدا، بل تغلب عليه خواطر المعاصى حتى فى صلاته، |
Renungkanlah
firman Allah kepada Nabi al ma’shum al akbar (Nabi yang paling dijaga
dari dosa, Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam; “Maka tetaplah kamu
pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang
yang telah bertaubat bersamamu”, karena Allah Ta’ala pun memerintahkan
untuk istiqamah dalam bertaubat kepada Nabi dan (juga) seluruh pengikut dan
ummatnya yang bertaubat bersamanya. |
وتأمل قوله تعالى للمعصوم الأكبر
صلى الله عليه وسلم : "فاستقم كما أمرت ومن تاب معك". فأمره الله تعالى بالإستقامة فى
التوبة، ومن تاب معه من جميع أتباعه وأمته |
Tuanku
‘Aliy Al-Khowwash Rahimahullahu ta’ala berkata; “Barangsiapa istiqamah
dalam taubatnya dan zuhud (meninggalkan) duniawi, maka ia benar-benar
telah melipat seluruh maqam (mendaki maqam dengan cepat-pnerj.)
dan hal-hal yang baik”. |
وقال سيدى على الخواص رحمه الله
تعالى : من استقام فى توبته وزهد فى الدنيا فقد انطوى فيه سائر المقامات
والأحوال الصالحة. |
(Perhatian) Bagi
seorang hamba hendaknya senantiasa meneliti anggota lahir dan batinnya setiap
pagi dan sore. Apakah seluruh anggotanya telah menjaga peraturan-peraturan
Allah Ta’ala yang telah ditetapkan atau telah melanggarnya? Apakah
telah menegakkan apa yang diperintahkan Allah Ta’ala yakni berupa
menundukkan pandangan, menjaga lisan, telinga, hati dan lainnya atas dasar
ikhlas atau tidak? |
(تنبيه) ينبغى للعبد أن يفتش أعضاءه الظاهرة
والباطنة صباحا ومساء هل حفظت حدود الله تعالى التى حدها لها أو تعدت؟ وهل قامت بما
امرت به من غض البصر وحفظ اللسان والأذن والقلب وغير ذلك على وجه الإخلاص أو لم
تقم؟ |
Lalu
apabila seorang hamba mendapati salah satu anggota badannya telah berbuat
ta’at, maka bersyukurlah kepada Allah Ta’ala dan jangan pernah
memandang dirinya sendiri pada hal tersebut. Namun apabila ia mendapati
anggotanya berlumuran dosa, maka segeralah menyesalinya dan memohon ampunan,
kemudian bersyukur kepada Allah Ta’ala karena Allah tidak menakdirkan
kepadanya kemaksiatan yang lebih besar, dan tidak menghukum anggota yang
digunakan untuk bermaksiat itu dengan beberapa penyakit, luka, bisul dan
borok. Karena setiap anggota berhak mendapatkan cobaan. |
فإن رأى جارحة من جوارحه أطاعت شكر
الله تعالى ولم ير نفسه لذلك، وإن رآها تلطخت بمعصية من المعاصى أخذ فى الندم
والإستغفار، ثم يشكر الله تعالى إذا لم يقدر عليه أكثر من تلك المعصية، ولم يبتل
جوارحه التى عصت بالأمراض والجراحات والدمامل والقروح، فإن كل عضو استحق نزول
البلاء. |
Wallahu ‘alam bisshawab.
Bersambung.
Edited by: Kitabterjemahan.my.id
Post a Comment for "SYARAT, PANDUAN DAN TINGKATAN TAUBAT (Taubat Bag. I): Terjemah Minahus saniyyah –Ngaji 01-"