SYARAT, PANDUAN DAN TINGKATAN TAUBAT (Taubat Bag. I): Terjemah Minahus saniyyah –Ngaji 01-

 Ngaji Kitab Terjemah Minahussaniyyah

المِنَحُ السَّنِيَّةِ عَلَى الوَصِيَّةِ المَتْبُولِيَّةِ

سيدي عبد الوهاب الشعراني

Kitab Minahussaniyyah, Karya Syaikh Abdul Wahab Assya'rani

بسم الله الرحمن الرحيم

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang mewajibkan bertaubat dan mengharamkan berbuat dosa secara terus-menerus. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang Esa yang tiada sekutu bagi-Nya dan (lagi) Yang menetapkan segala akibat. Dan aku bersaksi bahwa baginda dan Nabi kita Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang terpilih. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan kesejahteraan atas Nabi kita, keluarganya dan para sahabat-sahabatnya yang menjadi pemimpin-pemimpin kebaikan.

 

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذى فرض التوبة وحرم الإصرار، وأشهد أن لا اله إلا الله وحده لا شريك له كاتب الأثار، وأشهد أن سيدنا ونبينا محمدا عبده ورسوله صفة الأخيار، صلى الله وسلم عليه وعلى آله وصحبه السادة الأبرار.

 

(Selanjutnya) Kitab ini merupakan catatan atas wasiat guru yang ‘arif  billahi Ta’ala yaitu Syaikh Abu Ishaq Ibrahim Al-Matbuliy. Semoga Allah mengharumkan makam beliau, menjadikan surga sebagai pengganti dan tempat kembalinya, memberikan manfa’at kepada kami dan kaum muslimin lantaran berkahnya, dan semoga Allah melimpahkan kebaikan do’a-do’anya kepadaku serta kepada mereka semua. Hanya kepada Allah aku memohon untuk menjadikan buku ini sebagai buku yang bermanfa’at yang murni hanya karena mengharapkan ridha-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

 

(وبعد) فهذا تعليق على وصية الشيخ العارف بالله تعالى أبى إسحاق إبراهيم المتبولى طيب الله ثراه، وجعل الجنة متقلبه ومثواه، ونفعنا والمسلمين ببركاته، وأعاد علي وعليهم من صالح دعواته، والله تعالى أسأل أن ينفع به وأن يجعله خالصا لوجهه، إنه على كل شيء قدير.

 

 

(Wasiat Pertama: “Wajib bagimu istikamah (terus-menerus) dalam bertaubat, Wahai saudaraku!”)

 

(اول الوصية : عَلَيْكَ أَيُّهَا الْأَخُ بِالْإِسْتِقَامَةِ فِى التَّوْبَةِ)

 

Taubat, menurut bahasa adalah; kembali. Dan menurut istilah syara’ yaitu; Kembali dari perbuatan yang tercela menurut syariat menuju perbuatan yang terpuji menurut syariat.

 

التوبة فى اللغة الرجوع، يقال  : تاب، اى رجع، وفى الشرع : الرجوع عما كان مذموما فى الشرع إلى ما هو محمود فى الشرع،

 

Taubat memiliki tahap permulaan dan puncak.

Permulaan taubat yaitu; Bertaubat dari dosa-dosa besar, kemudian dari dosa-dosa kecil, dari perkara makruh, dari perbuatan yang berlawanan dengan yang lebih utama, dari melihat perkara-perkara yang indah dan cantik, dari pandangannya bahwa dirinya telah masuk kelompok orang-orang fakir di zamannya, dari anggapan bahwa dirinya telah benar dalam bertaubat, ataupun bertaubat dari segala bisikan hati yang tidak diridlai Allah Ta’ala.

ولها بداية ونهاية.

 فبدايتها التوبة من الكبائر، ثم الصغائر، ثم المكروهات، ثم من خلاف الأولى، ثم من رؤيته الحسنات، ثم من رؤيته أنه صار معدودا من فقراء الزمان، ثم من رؤيته أنه صدق فى التوبة، ثم من كل خاطر يخطر له فى غير مرضاة الله تعالى.

 

Adapun puncaknya yaitu; Bertaubat setiap kali lupa dari menyaksikan Tuhannya yakni Allah Ta’alau walaupun sekejap mata.

وأما نهايتها فالتوبة كلما غفل عن شهود ربه تعالى طرفة عين.

 

Ulama ahli tahqiq dari kalangan penempuh jalan menuju Allah mengemukakan bahwa; “Barangsiapa yang menyesal atas dosa-dosanya dan mengakuinya, maka taubatnya sudah sah. Karena Allah Ta’ala tidak mengisahkan kepada kita tentang taubatnya leluhur kita yakni Nabi Adam ‘Alaihissalam kecuali pengakuan dan penyesalan, sebab bilamana ada yang melebihi dari itu, niscaya Allah pasti mengisahkannya kepada kita.

وذكر المحققون من أهل الطريق أن من ندم على ذنبه واعتىرف به فقد صحت توبته، لأن الله تعالى لم يقص علينا فى توبة أبينا السيد آدم عليه الصلاة والسلام إلا الإغتراف والندم، فلو كان ثم أمر زائد لقصه علينا.

 

Pernyataan para Ulama yang mengatakan bahwa; “Termasuk syarat taubat yaitu harus berhenti, dan bertekad untuk tidak mengulangi kembali” hanyalah pengambilan berdasarkan hasil istinbath (pengambilan kesimpulan dari sumber hukum), sebab orang yang menyesali sesuatu itu sebagian ciri-cirinya adalah berhenti dan bertekad untuk tidak mengulanginya kembali.

وقول العلماء : أن من شرط التوبة الإقلاع، والعزم أن لا يعود: إنما أخذوه بطريق الإستنباط، إذ النادم على شيء من لوازمه الإقلاع، والعزم أن لا يعود،

 

Sudah diketahui bahwasanya dengan taubat, hak-hak Allah ta’ala ( ketaatan yang dilanggar) akan diampuni berhubungan dengan Allah Ta’ala, dan diampuni pula kedzaliman seorang hamba terhadap diri sendiri dengan melakukan kemaksiatan selain menyekutukan Allah Ta’ala, walaupun ia kembali mengulangi lagi perbuatan dzalim terhadap diri sendiri, dan kuga selain dosa yang berupa hak-hak dengan sesama manusia yang berupa harta dan kehormatan. Penjelasan kedua hak tersebut akan dijelaskan nanti insya Allah Ta’ala.

ومعلوم أن بالتوبة تغفر حقوق الله تعالى وظلم العبد لنفسه بارتكاب المعاصى دون الشرك بالله تعالى وإن كان هو يرجع الى ظلم النفس ايضا، ودون حقوق الخلق من مال وعرض، وسيأتى الكلام عليهما إن شاء الله تعالى،

 

Syaikh Al-Matbuly mengawali wasiatnya dengan taubat, karena taubat merupakan landasan utama bagi setiap maqam (kedudukan) yang akan didaki oleh seorang hamba sampai mati. Ibarat orang yang tidak memiliki tanah, ia pun tidak akan memiliki bangunan, demikian pula orang yang tidak bertaubat, maka baginya tidak ada upaya dan maqam sedikitpun.

وبدأ الشيخ بالتوبة لأنها أساس لكل مقام يترقى اليه العبد حتى يموت، فكما أن من لا أرض له لا بناء له، كذلك من لا توبة له فلا حال له ولا مقام.

 

Sebagian dari pernyataan para Ulama adalah; “Barangsiapa yang memperkuat maqam taubatnya, maka Allah Ta’ala akan menjaganya dari segala kecacatan amal perbuatannya”. Taubat merupakan maqam yang setara dengan maqam zuhud (meninggalkan) duniawi, (dalam hal) pelaku zuhud akan dijaga dari segala sesuatu yang akan menghalanginya dari Allah Al Haqq Ta’ala.

ومن كلامهم "من أحكم مقام توبته حفظ الله تعالى من سائر الشوائب التى فى الأعمال" فهى نظير مقام الزهد فى الدنيا يحفظه صاحبه من سائر ما يحجب عن الحق تعالى،

 

Syaikh Al-Matbuliy menganjurkan istikamah dalam bertaubat, karena ketika di dalam taubat terdapat kebengkokan, maka seluruh maqam setelah maqam taubat akan tercabut kekuatannya, hingga susunan bangunan maqam (yang telah diupayakan) menjadi runtuh.  Seperti halnya seseorang yang membangun pagar bangunan dari batu bata kering tanpa adonan tanah (semen/ pasir).

وحث على "الإستقامة فى التوبة" لأنه متى ما كان فى التوبة اعوجاج انسحب حكمه فى كل مقام بعده فيصير بناؤه مهلهلا كمن بنى حائطه من اللبن اليابس بغير طين.

 

Tuanku Muhammad bin ‘Inan Rahimahullahu Ta’ala berkata; Barangsiapa yang istikamah dalam bertaubat dari segala bentuk kemaksiatan, maka ia akan naik menuju taubat dari semua perkara yang tidak bermanfaat, dan barangsiapa yang tidak istiqamah dalam bertaubat, maka ia tidak akan dapat mencium satupun aroma yang keluar dari taubatnya, dan selama-lamanya ia tidak akan mampu menjaga bisikan hatinya, bahkan bisikan-bisikan maksiat akan selalu menguasainya hingga di dalam shalatnya.

قال سيدى محمد ابن عنان رحمه الله تعالى : من إستقام فى توبته عن المعاصى ارتقى الى التوبة من كل ما لا يعنى، ومن لم يستقم فيها لا يشم من التوبة عن الفضول رائحة، ولا يقدر على رعاية خاطره أبدا، بل تغلب عليه خواطر المعاصى حتى فى صلاته،

 

Renungkanlah firman Allah kepada Nabi al ma’shum al akbar (Nabi yang paling dijaga dari dosa, Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam; “Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah bertaubat bersamamu”, karena Allah Ta’ala pun memerintahkan untuk istiqamah dalam bertaubat kepada Nabi dan (juga) seluruh pengikut dan ummatnya yang bertaubat bersamanya.

وتأمل قوله تعالى للمعصوم الأكبر صلى الله عليه وسلم : "فاستقم كما أمرت ومن تاب معك". فأمره الله تعالى بالإستقامة فى التوبة، ومن تاب معه من جميع أتباعه وأمته

 

Tuanku ‘Aliy Al-Khowwash Rahimahullahu ta’ala berkata; “Barangsiapa istiqamah dalam taubatnya dan zuhud (meninggalkan) duniawi, maka ia benar-benar telah melipat seluruh maqam (mendaki maqam dengan cepat-pnerj.) dan hal-hal yang baik”.

وقال سيدى على الخواص رحمه الله تعالى : من استقام فى توبته وزهد فى الدنيا فقد انطوى فيه سائر المقامات والأحوال الصالحة.

 

(Perhatian)

Bagi seorang hamba hendaknya senantiasa meneliti anggota lahir dan batinnya setiap pagi dan sore. Apakah seluruh anggotanya telah menjaga peraturan-peraturan Allah Ta’ala yang telah ditetapkan atau telah melanggarnya? Apakah telah menegakkan apa yang diperintahkan Allah Ta’ala yakni berupa menundukkan pandangan, menjaga lisan, telinga, hati dan lainnya atas dasar ikhlas atau tidak?

(تنبيه)

ينبغى للعبد أن يفتش أعضاءه الظاهرة والباطنة صباحا ومساء هل حفظت حدود الله تعالى التى حدها لها أو تعدت؟ وهل قامت بما امرت به من غض البصر وحفظ اللسان والأذن والقلب وغير ذلك على وجه الإخلاص أو لم تقم؟

 

Lalu apabila seorang hamba mendapati salah satu anggota badannya telah berbuat ta’at, maka bersyukurlah kepada Allah Ta’ala dan jangan pernah memandang dirinya sendiri pada hal tersebut. Namun apabila ia mendapati anggotanya berlumuran dosa, maka segeralah menyesalinya dan memohon ampunan, kemudian bersyukur kepada Allah Ta’ala karena Allah tidak menakdirkan kepadanya kemaksiatan yang lebih besar, dan tidak menghukum anggota yang digunakan untuk bermaksiat itu dengan beberapa penyakit, luka, bisul dan borok. Karena setiap anggota berhak mendapatkan cobaan.

فإن رأى جارحة من جوارحه أطاعت شكر الله تعالى ولم ير نفسه لذلك، وإن رآها تلطخت بمعصية من المعاصى أخذ فى الندم والإستغفار، ثم يشكر الله تعالى إذا لم يقدر عليه أكثر من تلك المعصية، ولم يبتل جوارحه التى عصت بالأمراض والجراحات والدمامل والقروح، فإن كل عضو استحق نزول البلاء.

Wallahu ‘alam bisshawab.

Bersambung.

 

Edited by: Kitabterjemahan.my.id


Ngaji ke 02 Minahussaniyyah >>

Post a Comment for "SYARAT, PANDUAN DAN TINGKATAN TAUBAT (Taubat Bag. I): Terjemah Minahus saniyyah –Ngaji 01-"