SYARAT SUJUD, JUMLAH TASYDID TASYAHUD DAN SHAWALAT DALAM SHALAT –TERJEMAH SAFINAH-05-

 Ngaji Matan Safinah Terjemah

NGAJI KE 05: Syarat Sujud, Jumlah Tasydid Tasyahud Dan Shawalat Dalam Shalat, Minimal Salam, Waktu Shalat, Jeda Shalat, Shalat Yang Diharamkan, Tumakninah, Sujud Syahwi Dan Sunat Ab’adl.

بسم الله الرحمن الرحيم

             26. SYARAT SUJUD

(Fasal) Syarat-syarat sujud ada 7, yaitu: 1) Harus sujud dengan tujuh anggota badan, 2) Harus dengan dahi yang terbuka, 3) Menitik beratkan tumpuan tekanan pada kepala, 4) Tidak boleh bertujuan selain sujud saat badan kita turun,[1] 5) Tidak boleh sujud di atas sesuatu yang bisa bergerak bersamaan dengan pergerakan orang yang shalat, 6) Bagian tubuh bagian bawah harus diangkat melebihi bagian tubuh bagian atas, 7) Harus Thuma’ninah di dalam sujud.

(فصل) شروط السجود سبعة: أن يسجد على سبعة أعضاء وأن تكون جبهته مكشوفة والتحامل برأسه وعدم الهوى لغيره وأن لايسجد على شيء يتحرك بحركته وارتفاع أسافله على أعاليه والطمأنينة فيه.

 

(Penyempurna) Tujuh anggota sujud yaitu: dahi, kedua telapak tangan bagian dalam, kedua lutut, bagian dalam jari-jari pada kedua kaki.

(خاتمة) أعضاء السجود سبعة: الجبهة وبطون الكفين والركبتان وبطون أصابع الرجلين

 

           27. TASYDID PADA TASYAHUD

(Fasal) Tasydid-tasydid pada tasyahud berjumlah 21, yang lima dianggap yang paling sempurna dan yang 16 merupakan yang paling minimal dinilai sah. (yaitu Tasydid pada lafadz):

1)     attahiyyatu terletak di atas huruf ta’ dan ya’. (2 tasydid)

2)     al-mubaarokatussholawatuI di atas huruf shad. (1 tasydid)

3)     Atthoyyibaatu di atas huruf tha’ dan ya’. (2 tasydid)

4)     Lillaah di atas lam jalalah. (1 tasydid)

5)     Assalaamu di atas huruf sin. (1 tasydid)

6)     ‘alaikaa ayyuhannabiyyu di atas huruf ya’, nun dan ya’. (3 tasydid)

7)     Wa rahmatullah di atas lam jalalah. (1 tasydid)

8)     Wa barakaatuhussalaam di atas huruf sin. (1 tasydid)

9)     ‘alainaa ‘ibaadillah di atas lam jalalah. (1 tasydid)

10)Assholihiin di atas huruf shad. (1 tasydid)

11)Asyhadu allaa ilaaha di atas lam jalalah. (1 tasydid)

12)Illallaah di atas huruf lam alif dan lam jalalah. (2 tasydid)

13)   Wa asyhadu anna di atas huruf nun. (1 tasydid)

14)   Muhammadarrasullah di atas huruf mim lafadz muhammad, di atas huruf ra’ dan di atas lam jalalah. (3 tasydid)

(فصل) تشديدات التشهد إحدى وعشرون خمس في أكمله وستة عشر في أقله: التحيات على التاء والياء المباركات الصلوات على الصاد، الطيبات على الطاء والياء، لله على لام الجلالة، السلام على السين، عليك أيها النبي على الياء والنون والياء، ورحمه الله على لام الجلاله، وبركاته السلام على السين، علينا وعلى عباد الله على لام الجلاله، الصالحين على الصاد، أشهد أن لاإله على لام ألف، إلا الله على لام ألف ولام الجلاله، وأشهدأن على النون، محمدا رسول الله على ميم محمدا وعلى الراء وعلى لام الجلاله

           28. TASYDID SHALAWAT

(Fasal) Tasydid-tasydid pada bacaan shalawat yang paling minimal sah[2] kepada Nabi Muhammad ada 4, yaitu: pada lafadh Allahumma berada di atas Lam dan Mim, pada lafadh Shalli berada di atas Lam, dan pada lafadh Muhammad berada di atas Mim.

(فصل) تشديدات أقل الصلاة على النبي أربع: اللهم على اللام والميم، صل على اللام، على محمد على الميم

 

            29. MINIMAL SALAM

(Fasal) Paling sedikit dalam mengucapkan salam di dalam shalat adalah As-Salaamu 'Alaykum disertai tasyid di atas huruf Sin.

(فصل) أقل السلام: السلام عليكم تشديد السلام على السين

 

            30. WAKTU SHALAT

(Fasal) Waktu- waktu shalat ada lima, yaitu:

1)     Awal waktu shalat Dhuhur adalah tergelincirnya matahari dan berakhir ketika panjang bayangan sebuah benda sama dengan panjang benda selain waktu istiwaa'.

2)     Awal waktu shalat Ashar adalah panjang bayangan sama dengan pangan benda dan lebih sedikit, dan berakhir dengan terbenamnya matahari.

3)     Awal waktu shalat Maghrib adalah terbenamnya matahari dan berakhir saat terbenamnya mega merah.

4) Awal waktu shalat Isya' adalah terbenamnya mega merah dan berakhir saat terbitnya fajar shadiq.

5) Awal waktu Shubuh adalah terbitnya fajar shadiq dan berakhir saat terbitnya matahari.

(فصل) أوقات الصلاة خمس: أول وقت الظهر زوال الشمس، وآخره مصير ظل الشيء مثله غير ظل الإستواء، وأول وقت العصر إذا صار ظل كل شيء مثله وزاد قليلا، وآخره غروب الشمس. وأول وقت المغرب غروب الشمس وآخره غروب الشفق الأحمر، وآخره طلوع الفجر الصادق وآخره طلوع الشمس.


Mega ada tiga yaitu mega merah, kuning dan putih. Mega yang berwarna merah sebagai tanda waktu maghrib, sementara mega yang berwarna kuning dan putih untuk waktu Isya’. Disunnahkan mengakhirkan shalat Isya' sampai hilangnya mega kuning dan putih.

الأشفاق ثلاثة: أحمر وأصفر وأبيض. الأحمر مغرب والأصفر والأبيض عشاء. ويندب تأخير صلاه العشاء إلى أن يغيب الشفق الأحمر والأبيض

 

             31. SHALAT YANG HARAM DILAKSANAKAN

(Fasal) Shalat yang tidak memiliki sebab yang mendahului atau sebab yang menyertainya tidak boleh (haram) dilaksanakan pada lima waktu, yaitu: 1) Saat matahari terbit hingga ketinggian kira-kira kadar satu tombak. 2) Saat waktu istiwaa' sampai matahari tergelincir pada selain hari Jum'at. 3) Ketika mega kekuning-kuningan sampai terbenamnya matahari. 4) Setelah shalat Shubuh sampai terbitnya matahari. 5) Setelah mengerjakan shalat Asar sampai terbenamnya matahari.

(فصل) تحرم الصلاة التي ليس لها سبب متقدم ولا مقارن في خمسة أوقات: عند طلوع الشمس حتى ترتفع قدر رمح وعند الإستواء في غير يوم الجمعة حتى تزول، وعند الإصفرار حتى تغرب الشمس وبعد صلاة الصبح حتى تطلع الشمس وبعد صلاة العصر حتى تغرب

 

            32. JEDA DI DALAM SHALAT

(Fasal) Saktah (jeda) di dalam shalat ada 6 –enam-, yaitu:

1)     Antara takbiratul ihram dan do'a iftitah

2)     Antara do'a iftitah dan ta'awwudz

3)     Antara ta'awwudz dan surat al-Fatihah

4)     Antara akhir al-Fatihah dan membaca amin

5)     Antara amin dan bacaan surat

6)     Antara bacaan surat dan ruku'

(فصل) سكتات الصلاة ستة: بين تكبيرة الإحرام ودعاء الإفتتاح والتعوذ، وبين الفاتحة والتعوذ، وبين آخر الفاتحة وآمين، وبين آمين والسورة، وبين السورة والركوع

 

               33. RUKUN YANG WAJIB TUMA'NINAH

(Fasal) Rukun-rukun yang wajib tuma'ninah ada 4, yaitu: 1) Ruku', 2) Sujud, 3) I'tidal, 4) Duduk diantara dua sujud.

(فصل) الأركان التي تلزمه فيها الطمأنينة أربعة: الركوع والإعتدال والسجود والجلوس بين السجدتين.

.

Pengertian thuma’ninah Adalah berhenti setelah bergerak dengan perkiraan diamnya seluruh anggota badan pada tempatnya, perkiraan lamanya adalah sekadar mengucapkan "Subhanallah".

الطمأنينة هي: سكون بعد حركة بحيث يستقر كل عضو محله بقدر سبحان الله

 

            34. SEBAB SUJUD SYAHWI

(Fasal) Sebab-sebab sujud syahwi ada 4, yaitu:

1)     Meninggalkan satu dari sunnah-sunnah ab'adl shalat, atau meninggalkan sebagain dari bagian sunnah ab'adl shalat.

2)     Mengerjakan sesuatu yang bisa membatalkan ketika dikerjakan dengan sengaja dan tidak sampai membatalkan ketika dikerjakannya karena sebab lupa.

3)     Memindahkan rukun yang qauli (bersifat ucapan) ke tempat yang bukan peruntukkannya.

4)     Mengerjakan sebuah rukun disertai dengan adanya kemungkinan penambahan rukun.

(فصل) أسباب سجود السهو أربعة: الأول ترك بعض من أبعاض الصلاة أو بعض البعض، الثاني فعل ما يبطل عمده ولايبطل سهوه إذا فعله ناسيا، الثالث نقل ركن قولي إلى غير محله، الرابع إيقاع ركن فعلي مع احتمال الزيادة

 

  1. SUNNAH AB'ADL SHALAT

(Fasal) Sunnah-sunnah ab'adl shalat ada tujuh, yaitu: membaca tasyahud awal, duduk tasyahud awal, membaca shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di tasyahud awal, membaca shalawat  kepada keluarga Nabi pada tasyahud akhir, membaca qunut, membaca shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan keluarganya di dalam qunut.

(فصل) أبعاض الصلاة سبعة: التشهد الأول وقعوده والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيه، والصلاة على الآل في التشهد الأخير، والقنوت، والصلاة على النبي صلى الله علية وسلم وآله فيه

Wallahu a’lam bisshawab.

Bersambug.

Edited By: Kitabterjemahan.my.id


[1] contoh: saat kita shalat tiba-tiba ada lebah di depan kita akan menyengat, sehingga kita membungkuk untuk menghindarinya, pada saat membungkuk apabila kita langsung disekaliankan lanjut ke sujud itu tidak diperbolehkan, alasannya kita membungkuk niatnya karena menghindari sengatan lebah. Sementara yang dikehendaki teks adalah sujud ya benar-benar niatnya akan bersujud.

[2] Sholawat minimal yang sah adalah: Allhumma sholli ‘alaa Muhammad (اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدْ)

Post a Comment for "SYARAT SUJUD, JUMLAH TASYDID TASYAHUD DAN SHAWALAT DALAM SHALAT –TERJEMAH SAFINAH-05-"