SOLUSI KETIKA TERJADI PERTENTANGAN ANTAR DALIL UTAMA: -Terjemah Waraqat-02-

Ngaji Kitab Terjemahan Waraqat

Kaidah Ushuliyyah yang Meliputi: “Amm, Khas, Muthlaq-Muqayyad, Mujmal-Mubayyan, Nash, Dhahir-Muawwal, Perbuatan Nabi,  Naskh-Mansukh dan Ketika Terjadi Pertentangan Antara Dua Dalil serta Solusi Ketika Terjadi Pertentangan Antar Dalil Utama

بسم الله الرحمن الرحيم

  

 7.      ‘Amm (Umum)

Adapun ‘Amm adalah sesuatu yang mencakup dua perkara bahkan lebih. (kata tersebut diambil) dari perkataan orang Arab: ‘Amamtu Zaidan wa ‘Amran bil ‘Atha’  (Aku menyamaratakan pemberian kepada Zaid dan Amr), dan ‘Amamtu jami’annasi bil ‘atha’ (Aku menyamaratakan pemberian kepada semua orang).

وَأما الْعَام فَهُوَ مَا عَم شَيْئَيْنِ فَصَاعِدا، من قَوْله عممت زيدا وعمرا بالعطاء ، وعممت جَمِيع النَّاس بالعطاء

 

 

 

lafadz-lafadz ‘Amm itu ada empat, yaitu: 1) Isim mufrad (kata yang bermakna tunggal) yang di-ma’rifat-kan dengan alif dan lam, 2) Isim jamak  yang di-ma’rifat-kan dengan lam, 3) Isim mubham seperti kata man (من) untuk makhluk yang berakal, kata ma (ما) untuk sesuatu yang tidak berakal, ayyun (أي) untuk semuanya (baik berakal ataupun tidak), aina (أين) untuk tempat, mataa (متى) untuk waktu, ma (ما) digunakan untuk pertanyaan, pembalasan dan selainnya, 4) huruf la (لا) pada isim nakirah.

وألفاظه أَرْبَعَة، الِاسْم الْمُعَرّف بِالْألف وَاللَّام، وَاسم الْجمع الْمُعَرّف بِاللَّامِ، والأسماء المبهمة كمن فِيمَن يعقل وَمَا فِيمَا لَا يعقل وَأي فِي الْجَمِيع وَأَيْنَ فِي الْمَكَان وَمَتى فِي الزَّمَان وَمَا فِي الِاسْتِفْهَام وَالْجَزَاء وَغَيره، وَلَا فِي النكرات

 

Predikat umum (‘Amm) merupakan sifat dari ucapan. Jadi tidak diperbolehkan menyifati umum pada selain ucapan yakni pada perbuatan dan yang semisalnya.

والعموم من صِفَات النُّطْق وَلَا يجوز دَعْوَى الْعُمُوم فِي غَيره من الْفِعْل وَمَا يجْرِي مجْرَاه

 

 

8.      Khas (Khusus)

Khas (khusus) merupakan kebalikan ‘Amm. Sementara Takhsis adalah membedakan sebagian kelompok. Takhsis terbagi menjadi muttasil dan munfasil.

وَالْخَاص يُقَابل الْعَام، والتخصيص تَمْيِيز بعض الْجُمْلَة. وَهُوَ يَنْقَسِم إِلَى مُتَّصِل ومنفصل

 

Takhsis muttasil itu istisna’ (pengecualian), syarat dan pembatasan dengan sifat.

فالمتصل الِاسْتِثْنَاء وَالشّرطِ وَالتَّقْيِيد بِالصّفةِ.

 

Istisna’ adalah mengeluarkan sesuatu, yang apabila tidak dikeluarkan, ia akan tercakup dalam ucapan. Istisna’ hanya sah dengan syarat; ada yang tersisa dari perkara yang dikecualikan (mustatsna minhu). Dan termasuk syaratnya adalah harus sambung dengan ucapan, diperbolehkan mendahulukan istisna’ dari mustatsna minhu dan diperbolehkan istisna’ (mengecualikan) dari perkara yang sejenis seperti yang sudah disebutkan dan dari yang tidak sejenis.

وَالِاسْتِثْنَاء إِخْرَاج مَا لولاه لدخل فِي الْكَلَام، وَإِنَّمَا يَصح بِشَرْط أَن يبْقى من المشتثنى مِنْهُ شَيْء. وَمن شَرطه أَن يكون مُتَّصِلا بالْكلَام. وَيجوز تَقْدِيم الِاسْتِثْنَاء على الْمُسْتَثْنى مِنْهُ. وَيجوز الِاسْتِثْنَاء من الْجِنْس كما تقدم وَمن غَيره

 

(Takhsis Muttasil yang kedua adalah) Syarat diperbolehkan mendahului masyrut-nya.

والشرط يجوز ان يتقدم على المشروط

 

(Takhsis Muttasil yang ketiga adalah) Muqayyad bisshifah. Lafadz yang mutlak (umum) diarahkan ke lafadz Muqayyad bisshifah yakni lafadz yang dibatasi dengan sifat. Contoh lafadz raqabah di batasi dengan yang beriman dibeberapa tempat. Oleh karena itu lafadz yang muthlaq dipahami melalui lafadz yang muqayyad.

والمقيد بالصفة يحمل عليه المطلق كالرقبة قيدت بالايمان في بعض المواضع فيحمل المطلق على المقيد.

 

Diperbolehkan men-takhsis al-Qur’an dengan al-Qur’an, al-Qur’an dengan assunnah, assunnah dengan  al-Qur’an, annutq dengan qiyaas. Yang kami maksud dengan annutq adalah Firman Allah Ta’ala dan Sabda Rasulullah SAW.

ويجوز تخصيص الكتاب بالكتاب و تخصيص الكتاب بالسنة و تخصيص السنة  بالكتاب و تخصيص النطق بالقياس ونعني بالنطق قول الله تعالى وقول الرسول الله صلى الله عليه وسلم.

 

9.      Mujmal dan Mubayyan

Mujmal adalah sesuatu yang butuh pada Bayaan (penjelasan).

والمجمل مَا افْتقر إِلَى الْبَيَان

 

Bayaan (penjelasan) adalah mengeluarkan sesuatu dari ruang yang sulit dimengerti menuju ruang yang terang (jelas).

وَالْبَيَان إِخْرَاج الشَّيْء من حيّز الْإِشْكَال إِلَى حيّز التجلي

 

10. Nash

Nash adalah sesuatu yang hanya mengandung satu makna. Menurut pendapat lain, (Nash adalah) sesuatu yang penjelasannya merupakan yang disampaikannya. Kata  Nash berasal dari kata minasshotil arus (pelaminan pengantin) yang bermakna kursi.

وَالنَّص مَا لَا يحْتَمل إِلَّا معنى وَاحِدًا وَقيل مَا تَأْوِيله تَنْزِيله، وَهُوَ مُشْتَقّ من منصة الْعَرُوس وَهُوَ الْكُرْسِيّ

 

11. Dhahir dan Muawwal

Dhahir adalah kata yang mengandung dua makna, salah satu maknanya lebih jelas dari makna yang lain. Kata yang dhahir dapat ditakwil dengan dalil, sehingga disebut dhahir bid dalil (kata yang jelas sebab dalil)

وَالظَّاهِر مَا احْتمل أَمريْن أَحدهمَا أظهر من الآخر، ويؤول الظَّاهِر بِالدَّلِيلِ وَيُسمى الظَّاهِر بِالدَّلِيلِ

 

 

12. Af’aal (tindakan yang diperbuat oleh Rasulullah)

Perbuatan pembawa syari’ah tidak lepas dari adakalanya berupa ibadah dan ketaatan. Apabila ada dalil yang menunjukan kehususan bagi nabi, maka di arahkan kepada kekhususan tersebut.

فعل صَاحب الشَّرِيعَة لَا يَخْلُو إِمَّا أَن يكون على وَجه الْقرْبَة وَالطَّاعَة. فَإِن دلّ دَلِيل على الِاخْتِصَاص بِهِ يحمل على الِاخْتِصَاص

 

Dan apabila tidak ada dalil yang menunjukkan maka tidak dikhususkan bagi nabi, karena Allah Ta’ala telah berfirman “sungguh telah ada pada diri rosulullah suri tauladan yang baik bagi kalian”, maka diarahkan pada hukum wajib menurut sebagian Ashhabina (ashab assyafi’i). Dan sebagiannya ada yang bependapat tidak cenderung pada pendapat manapun.

، وَإِن لم يدل لَا يخصص بِهِ لِأَن الله تَعَالَى يَقُول {لقد كَانَ لكم فِي رَسُول الله أُسْوَة حَسَنَة}، فَيحمل على الْوُجُوب عِنْد بعض أَصْحَابنَا. وَمِنْهُم من قَالَ يتَوَقَّف عَنهُ

 

Apabila perbuatan Nabi tidak berupa ibadah dan ketaatan, maka diarahkan pada hukum boleh (mubah) pada hak nabi dan hak kita.

فَإِن كَانَ على وَجه غير الْقرْبَة وَالطَّاعَة فَيحمل على الْإِبَاحَة فِي حَقه وحقنا

 

Persetujuan pembawa syariah terhadap ucapan yang keluar dari seseorang merupakan perkataan pembawa syariah. dan persetujuannya terhadap perbuatan adalah seperti perbuatanya.

وَإِقْرَار صَاحب الشَّرِيعَة على القَوْل الصَّادِر من أحد هُوَ قَول صَاحب الشَّرِيعَة، وَإِقْرَاره على الْفِعْل كَفِعْلِهِ. 

 

Dan perbuatan yang dilakukan pada masa Nabi di luar majlisnya, dan beliau mengetahui dan tidak mengingkarinya maka hukumnya itu seperti hukum yang dilaksanakan di majlisnya.

وَمَا فعل فِي وقته فِي غير مَجْلِسه وَعلم بِهِ وَلم يُنكره فَحكمه حكم مَا فعل فِي مَجْلِسه

 


13. Naskh

Naskh bermakna menghilangkan, dikatakan ”Matahari menghilangkan bayang-bayang” dan menurut pendapat lain makna naskh adalah pindah diambil dari ucapan orang arab; saya memindah sesuatu yang ada di kitab ini, yaitu saya memindah sesuai bentuk aslinya.

وَأما النّسخ فَمَعْنَاه الْإِزَالَة، يقال نسخت الشمس الظل اذا أزالته . وَقيل مَعْنَاهُ النَّقْل من قَوْلهم نسخت مَا فِي هَذَا الْكتاب أَي نقلته بأشكال كتابته.

  

dan definisinya adalah: ucapan yang menunjukkan hilangnya hukum yang telah ditetapkan oleh ucapan yang dahulu, berdasarkan gambaran yang jika tidak ada ucapan tersebut niscaya hukum itu tetap, serta hukum tetap berlaku seperti semula.

وَحده هُوَ الْخطاب الدَّال على رفع الحكم الثَّابِت بِالْخِطَابِ الْمُتَقَدّم على وَجه لولاه لَكَانَ ثَابتا مَعَ تراخيه عَنهُ

 

Diperbolehkan menghapus tulisan dan masih tetapnya hukum, menghapus ukum dan tetapnya tulisan dan menghapus keduanya.

وَيجوز نسخ الرَّسْم وَبَقَاء الحكم وَنسخ الحكم وَبَقَاء الرَّسْم، ونسخ الامرين.

 

Penghapusan ini (Naskh) terbagi menjadi adanya pergantian dan tidak ada pergantian, ada pergantian yang lebih berat dan yang lebih ringan.

، و ينقسم النسخ إِلَى بدل وَإِلَى غير بدل، وَإِلَى مَا هُوَ أغْلظ وَإِلَى مَا هُوَ أخف.

  

Diperbolehkan naskh al-Quran dengan al-Quran, naskh assunnah dengan al-Quran, naskh assunnah dengan assunnah. Diperbolehkan naskh mutawatir dengan mutawatir, dan khabar Ahad dengan Khabar Ahad juga Mutawatir.  Tidak diperbolehkan naskh mutawatir dengan khabar ahad.

وَيجوز نسخ الْكتاب بِالْكتاب وَنسخ السّنة بِالْكتاب وَنسخ السّنة بِالسنةِ. وَيجوز نسخ الْمُتَوَاتر بالمتواتر، وَنسخ الْآحَاد بالآحاد وبالمتواتر. وَلَا يجوز نسخ الْمُتَوَاتر بالآحاد.

 

14. Ta’aarudhul Adillah (Solusi Ketika Dalil-dalil Utama saling bertentangan)

Fasal: Apabila terdapat dua dalil nutq saling berlawanan, maka tidak lepas ada kalanya keduanya umum (‘Amm), keduanya khusus (Khas), salah satunya umum dan yang lain khusus, atau masing-masing dari keduanya umum dari satu sisi dan khusus dari sisi yang lain.

فصل إِذا تعَارض نطقان فَلَا يَخْلُو إِمَّا أَن يَكُونَا عَاميْنِ أَو خاصين أَو أَحدهمَا عَاما وَالْآخر خَاصّا أَو كل وَاحِد مِنْهُمَا عَاما من وَجه وخاصا من وَجه

 

Jika kedua dalil tersebut umum, apabila mungkin keduanya dikompromikan, maka keduanya harus dikompromikan. Apabila tidak mungkin dikompromikan maka keduanya maka didiamkan jika tidak diketahui asal-usulnya. Kemudian apabila asal-usulnya diketahui maka dalil yang datang terlebih dahulu dihapus dengan dalil yang datang belakangan. Demikian juga, apabila keduanya khusus (khas).

فَإِن كَانَا عَاميْنِ فَإِن أمكن الْجمع بَينهمَا يجمع، فَإِن لم يُمكن الْجمع بَينهمَا يتَوَقَّف فيهمَا إِن لم يعلم التَّارِيخ، فَإِن علم التَّارِيخ ينْسَخ الْمُتَقَدّم بالمتأخر. وَكَذَلك إِن كَانَا خاصين.

 

Jika salah satu dalil tersebut umum (‘Amm) dan yang lain khusus (Khas) maka yang umum di-takhsis dengan yang khusus.

وَإِن كَانَ أَحدهمَا عَاما وَالْآخر خَاصّا فيخص الْعَام بالخاص.

 

Apabila salah satu dalil tersebut umum dari satu sisi dan khusus dari sisi yang lain, maka keumuman masing-masing di-takhsis dengan yang lainnya.

وَإِن كَانَ كل واحد منهمَا عَاما من وَجه وخاصا من وَجه فيخص عُمُوم كل وَاحِد مِنْهُمَا بِخُصُوص الآخر.

 Wallahu a’lam bisshawab

Bersambung 

Edited By: Kitabterjemahan.my.id

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>

Post a Comment for "SOLUSI KETIKA TERJADI PERTENTANGAN ANTAR DALIL UTAMA: -Terjemah Waraqat-02-"