6 ORANG BATAL PUASA TAPI TETAP HARUS MENAHAN MAKAN DAN MINUM SEKALIGUS QADHA: -TERJEMAH SAFINAH -07 Selesai-

Ngaji Matan Safinah Terjemah

Ngaji ke 07: Harta Zakat, Waktu Orang Wajib Berpuasa, Syarat dan Rukun Puasa, Konsekuensi Orang tidak berpuasa, Yang Membatalkan dan Yang Tidak Membatalkan Puasa



بسم الله الرحمن الرحيم

 53. HARTA YANG WAJIB DIZAKATI

(Fasal) Harta-harta yang wajib zakat ada 6 macam, yaitu: 1) Binatang ternak unta, sapi, kerbau dan kambing, 2) Emas dan perak Perak, 3) Buah-buahan dan tanaman pokok, 4) Harta perniagaan, kewajiban zakatnya adalah seperempat dari seperpuluh (2,5 %) dari nilai barang daganan, 5) Harta yang tertimbun dari zaman yang tidak diketahui (Rikaz), 6) Barang tambang.

(فصل) الأموال التي تلزم فيها الزكاة ستة أنواع: النعم والنقدان والمعشرات وأموال التجارة، وواجبها ربع عشر قيمة عروض التجارة والركاز والمعدن

 54. KAPAN WAJIB PUASA RAMADHAN?

(Fasal) Wajib melaksanakan puasa Ramadhan dengan terpenuhinya salah satu dari lima hal, yaitu: 1) Sempurnanya 30 hari bulan Sya'ban, 2) Melihat bulan baru bagi orang yang menyaksikannya walaupun ia orang yang fasiq, 3) Masuknya Hilal sudah tertetapkan bagi orang yang tidak melihatnya dengan persaksian orang yang adil, 4) Dengan khabar orang yang adil riwayatnya serta terpercaya, baik itu di dalam hatinya menanggap benar ataupun pun tidak, atau memperoleh kabar dari orang yang tidak terpercaya, namun di dalam hatinya membenarkan, 5) Sangkaan bulan Ramadhan telah masuk berdasarkan ijtihad bagi orang yang ragu dengan hal tersebut.

(فصل) يجب صوم رمضان بأحد أمور خمسة: (أحدها) بكمال شعبان ثلاثين يوما (وثانيها) برؤية الهلال في حق من رآه وان كان فاسقا (وثالثها) بثبوته في حق من لم يره بعدل شهادة (ورابعا) بإخبار عدل رواية موثوق به سواء وقع في القلب صدقه أم لا أوغيره موثوق به إن وقع في القلب صدقه (وخامسها) بظن دخول رمضان بالإجتهاد فيمن اشتبه عليه ذلك

 55. SYARAT SAH PUASA

(Fasal) Syarat-syarat sah puasa ada empat, yaitu: 1) Islam, 3) Berakal, 3) Suci dari haidl dan semisalnya, 4) Mengetahui bahwa waktunya tidak diharamkan untuk berpuasa.

(فصل) شروط صحته أربعة أشياء: إسلام وعقل ونقاء من نحو حيض وعلم بكون الوقت قابلا للصوم

 56. SYARAT WAJIB PUASA

(Fasal) Syarat-syarat wajib puasa ada lima, yaitu: 1) Islam, 2) ter-taklif (telah terkena kewajiban syara'), 3) Kuat melukan puasa, 4) Sehat, 5) Tidak bepergian.

(فصل) شروط وجوبه خمسة اشياء: اسلام وتكليف وإطاقة وصحة وإقامة

 57. RUKUN PUASA

(Fasal) Rukun-rukun puasa ada tiga, yaitu: 1) Niat di malam hari pada puasa fardhu setiap harinya, 2) Meninggalkan perkara yang membatalkan puasa saat dalam keadaan ingat, tidak ada paksaan, juga tidak bodoh yang dimaafkan, 3) Orang yang melakukan puasa.

(فصل) أركانه ثلاثة أشياء: نية ليلا لكل يوم في الفرض وترك مفطر ذاكرا مختارا غير جاهل معذور وصائم

 58. KONSEKUENSI ORANG YANG TIDAK BERPUASA

(Fasal) Diwajibkan dikenai kafarah ‘udzma (denda tebusan), hukuman ta’zir beserta meng-qadla' puasa bagi orang yang merusak puasanya di bulan Ramadhan satu hari penuh dengan bersetubuh yang sempurna dan berdosa karena puasa. Wajib menahan dari makan dan minum beserta meng-qadha’ puasa pada enam tempat, yaitu: 1) Di bulan puasa ramadhan bukan pada bulan yang lainnya bagi orang yang sembrono membatalkan puasa. 2) Orang yang tidak melakukan niat di malam hari pada puasa fardlu. 3) Orang yang makan sahur seraya menyangka masih malam, namun dugaannya ternyata berbeda dengan kenyatannya. 4) Orang yang berbuka puasa seraya menyangka telah terbenam matahari, namun dugaannya tidak sesuai dengan dengan kenyatannya. 5) Orang yang berada pada tanggal 30 Sya'ban kemudian ternyata hari itu sudah memasuki bulan Ramadhan. 6) Orang yang tidak sengaja menelan air karena kumur-kumur dengan cara yang berlebihan dan menghisap air ke hidung dengan cara yang berlebihan.

(فصل) يجب مع القضاء للصوم الكفارة العظمى والتعزير على من أفسد صومه في رمضان يوما كاملا بجماع تام آثم به للصوم ويجب مع القضاء الإمساك للصوم في ستة مواضع: الأول في رمضان لافي غيره على متعد بفطره، والثاني على تارك النية ليلا في الفرض، والثالث على من تسحر ظانا بقاء الليل فبان خلافة أيضا، والرابع على من افطر ظانا الغروب فبان خلافه ايضا، والخامس على من بان له يوم ثلاثي شعبان أنه من رمضان، والسادس على من سبقه ماء المبالغة من مضمضة واستنشاق

 59. SEBAB-SEBAB PUASA BATAL

(Fasal) Puasa menjadi batal sebab murtad, haid, nifas, melahirkan, gila walaupun sebentar, pingsan dan mabuk yang sembrono jika keduanya terjadi pada keseluruhan siang hari.

(فصل) يبطل الصوم: بردة وحيض ونفاس أو ولادة وجنون ولو لحظة وبإغماء وسكر تعدى به إن عمَّا جميع النهار

 60. HUKUM MEMBATALKAN PUASA

(Fasal) Berbuka (Membatalkan) puasa pada bulan ramadlan ada empat macam: 1) Wajib, sebagaimana pada orang haid dan nifas, 2) Jaiz (boleh), sebagaimana pada orang yang bepergian dan orang sakit, 3) Tidak wajib juga tidak pula jaiz sebagaimana pada orang yang gila, 4) Haram sebagaimana orang yang mengakhirkan qadha Ramadlan, padahal mungkin untuk meng-qadha-nya  sampai waktu qadha-nya tidak mencukupi.

(فصل) الإفطار في رمضان أربعة انواع: واجب كما في الحائض والنفساء، وجائز كما في المسافر والمريض ولاولاكما في المجنون، ومحرم كمن أخر قضاء رمضان مع تمكنه حتى ضاق الوقت عنه

 61. PEMBAGIAN IFTHAR

(Fasal) Ifthar ramadhan terbagi menjadi empat, yaitu: 1) Wajib meng-qadha dan membayar fidyah, bagian ini ada dua: Pertaman, Ifthar karena mengkhawatirkan kepada selain diri sendiri. Kedua, Ifthar besertaan mengakhirkan qadha puasa sampai tiba Ramadhan berikutnya. 2) Wajib meng-qadha tanpa membayar fidyah, bagian ini banyak, seperti orang yang pingsan. 3) Wajib membayar fidyah tanpa meng-qadha puasa, yaitu orang yang sangat tua.  4) Tidak wajib meng-qadha dan tidak pula membayar fidyah yaitu orang yang gilanya tidak disebabkan karena kesembronoan.

وأقسام الإفطار أربعة: أيضا ما يلزم فيه القضاء والفدية وهو اثنان: الأول الإفطار لخوف على غيره، والثاني الإفطار مع تأخير قضاء مع إمكانه حتى يأتي رمضان آخر، وثانيها مايلزم فية القضاء دون الفدية وهو يكثر كمغمى عليه، وثالثهما ما يلزم فيه الفدية دون القضاء وهوشيخ كبير، ورابعها لا ولا وهو المجنون الذي لم يتعد بجنونه

 62. YANG TIDAK MEMBATALKAN PUASA

(Fasal) Yang tidak membatalkan puasa dari sesuatu yang sampai rongga dalam (perut) ada 7 macam, yaitu: Sesuatu yang masuk sampai ke perut karena (1) lupa, (2) tidak tahu hukumnya, (3) dipaksa orang lain. (4) Air liur yang mengalir beserta sesuatu yang ada di sela-sela gigi, sementara tidak bisa mengeluarkannya karena adanya udzur. (5) Yang masuk ke perut berupa debu jalanan, (6) berupa ayakan tepung, (7) berupa lalat yang terbang, atau binatang yang sejenis.

(فصل) الذي لا يفطِر مما يصل إلى الجوف سبعة أفراد: مايصل إلى الجوف بنسيان أو جهل أو إكراه وبجريان ريق بما بين أسنانه وقد عجز عن مجه لعذره وما وصل إلى الجوف وكان غبار طريق، وما وصل إليه وكان غربلة دقيق، أوذبابا طائرا أو نحوه

 63. PENUTUP

Allah Lebih Tahu dengan kebenaran, saya memohon kepada Allah yang Maha Mulia dengan perantara Kedudukan Nabi-Nya yang luhur budi pekertinya, semoga Allah mengeluarkanku dari dunia dalam keadaan Islam, begitu juga untuk orang tuaku, kekasih-kekasihku dan orang-orang dinisbatkan kepadaku, (semoga) Allah mengampuniku dan mereka (baik) dosa-dosa besar dan yang kecil.  Semoga Kasih sayang dan pengagungan Allah tercurahkan kepada Pemimpin kita Muhammad bin Abdillah bin Muthallib bin Hasyim bin Abdi Manaf yakni Rasulullah yang diutus kepada seluruh makhluk sebagai utusan peperangan, yang menjadi kekasih Allah, yang menjadi pembuka dan penutup. Semoga shalawat dan salam juga tercurahkan kepada keluarga Muhammad dan seluruh sahabat-sahabatnya. Segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam.

والله اعلم بالصواب نسأل الله الكريم بجاه نبيه الوسيم، أن يخرجني من الدنيا مسلما، ووالدي وأحبائي ومن إلي انتمي، وان يغفر لي ولهم مقحمات ولمما، وصلى الله على سيدنا محمد بن عبد الله بن عبد المطلب بن هاشم بن عبد مناف رسول الله إلى كافة الخلق رسول الملاحم، حبيب الله الفاتح الخاتم، وآله وصحبه أجمعين والحمد لله رب العالمين. تم بعون الله تعالى.

Wallahu a’lam bisshawab.

-TAMMAT_

Alhamdulillah bi aunillah, wa assholatu wassalamu ‘ala Muhammad Rasulillah.

Semoga Bermanfaat.

 

Edited By: Kitabterjemahan.my.id 

Post a Comment for "6 ORANG BATAL PUASA TAPI TETAP HARUS MENAHAN MAKAN DAN MINUM SEKALIGUS QADHA: -TERJEMAH SAFINAH -07 Selesai-"