HADITS KETENTUAN ALLAH, BID’AH SYUBHAT DAN NASEHAT–Ngaji Arbain Nawawi ke 02-

Ngaji Terjemah Kitab Matan Arbain Nawawi:

Hadits ke 4 - 8
Hadits Ketentuan Allah (Rejeki, Kematian, Amal Perbuatan, Celaka dan Beruntung), Bid’ah, Syubhat, Agama Nasehat dan Dakwah



بسم الله الرحمن الرحيم

4. Ketentuan Allah Rejeki, Kematian, Amal Perbuatan, Celaka dan Beruntung Sudah Ditentukan Sejak di dalam Kandungan

Hadits ke-4

الحديث الرابع

 

(Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud ra. ia berkata: “Rasulullah -shallallahu alaihi wa alihi wa sallam- menceritakan kepada kami sementara beliau adalah orang jujur dan yang dibenarkan: “Sesungguhnya masing-masing orang dari kalian asal kejadiannya dikumpulkan di dalam perut ibunya selama 40 hari berupa nuthfah. Kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga. Lalu, segumpal darah tersebut menjadi sekerat daging dalam masa yang sama.

[ عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال : حدثنا رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم وهو الصادق المصدوق : إن أحدكم يجمع خلقه في بطن أمه أربعين يوما نطفة ثم يكون علقة مثل ذلك ثم يكون مضغة مثل ذلك،

 

Kemudian Malaikat diutus kepadanya. Lalu Ruh ditiupkan di dalam sekerat daging tersebut dan diperintahkan (ditetapkan) dengan empat kalimat, (yaitu): Catatan rizki, kematian, amal perbuatannya dan apakah (termasuk) orang celaka atau beruntung.

ثم يرسل إليه الملك فينفخ فيه الروح ويؤمر بأربع كلمات : بكتب رزقه وأجله وعمله وشقي أو سعيد.

 

Untuk itu demi Allah Dzat yang tiada tuhan selain-Nya. Sesungguhnya salah seorang dari kalian benar-benar melakukan amal penghuni surga sampai-sampai (jarak) diantara dia dengan surga hanya satu hasta. Maka catatan (ketentuan Allah) akan mengalahkannya. (sehingga) menjadikan ia berperilaku dengan perbuatan penduduk neraka maka ia akan masuk ke neraka.

فو الله الذي لا إله غيره إن أحدكم ليعمل بعمل أهل الجنة حتى ما يكون بينه وبينها إلا ذراع فيسبق عليه الكتاب فيعمل بعمل أهل النار فيدخلها،

 

Dan Sesungguhnya salah seorang dari kalian benar-benar melakukan amal penghuni neraka sampai-sampai (jarak) diantara dia dengan neraka hanya satu hasta. Maka catatan (ketentuan Allah) akan mengalahkannya. (sehingga) menjadikan ia berperilaku dengan perbuatan penduduk surga maka ia akan masuk ke surga.) Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

وإن أحدكم ليعمل بعمل أهل النار حتى ما يكون بينه وبينها إلا ذراع فيسبق عليه الكتاب فيعمل بعمل أهل الجنة فيدخلها ] رواه البخاري ومسلم

 

5. Hadits Menjelaskan Bid’ah

Hadits ke 5

الحديث الخامس

 

(Dari Ummul mu’minin Ummu Abdillah yakni ‘Aisyah radhiya Allhu ‘anha berkata: Rasulullah -shallallahu alaihi wa alihi wa sallam- bersabda: “Barang siapa yang mengada-adakan dalam urusan kami yakni agama ini sesuatu (hal baru) yang tidak termasuk dari perkara ini (agama islam) maka hal tersebut tertolak”.) Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

[ عن أم المؤمنين أم عبدالله عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد ] رواه البخاري ومسلم

 

Dalam riwayat Imam Muslim yang lain (dengan redaksi): “Barang siapa melakukan suatu perbuatan yang tidak dinaungi oleh urusan kami (dalil agama) maka tertolak”)

وفي رواية لمسلم [ من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد ]

 

6. Penjelasan Hadits Mengenai Syubhat

Hadits ke 6

الحديث السادس

 

(Dari Abi Abdillah an-Nu’man bin Basyir radhiya Allahu ‘anhuma berkarta: “Aku mendengar Rasulallah -shallallahu alaihi wa alihi wa sallam- bersabda: “Sesungguhnya perkara halal itu jelas dan perkara haram (juga) jelas. Dan diantara keduanya merupakan perkara-perkara syubhat (samar yakni tidak jelas halal dan haramnya) yang kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

[ عن أبي عبد الله النعمان بن بشير رضي الله عنهما قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم يقول : إن الحلال بين وإن الحرام بين وبينهما أمور مشتبهات لا يعلمهن كثير من الناس،

 

Oleh karena itu, barangsiapa menjaga diri dari perkara-perkara syubhat maka ia telah membersihkan agama dan harga dirinya. Dan barang siapa jatuh dalam perkara syubhat maka ia juga terjatuh dalam keharaman seperti orang yang menggembala di sekitar tanah terlarang (bagi dirinya) yang lambat laun akan menggembala di tempat itu.

فمن اتقى الشبهات فقد استبرأ لدينه وعرضه ومن وقع في الشبهات وقع في الحرام كالراعي يرعى حول الحمى يوشك أن يرتع فيه،

 

Ingat! Masing-masing raja memiliki larangan. Dan Ingatlah! Sesungguhnya larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan. Ingatlah! Sesungguhnya di dalam jasad terdapat sekerat daging yang ketika daging tersebut baik maka keseluruhan jasad pun baik. Dan apabila rusak maka keseluruhan jasad juga rusak. Ingatlah sekerat daging itu adalah hati”)

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

 ألا وإن لكل ملك حمى ألا وإن حمى الله محارمه ألا وإن في الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله وإذا فسدت فسد الجسد كله ألا وهي القلب ] رواه البخاري ومسلم

 

7. Agama adalah Nasihat

Hadits ke 7

الحديث السابع

 

(Diriwayatkan dari Abi Ruqayyah Tamimi bin Aus ad-Dari Radhiya Allahu anhu bahwa Rasulallah -shallallahu alaihi wa alihi wa sallam- bersabda: “Agama adalah nasehat (ajakan dan perbuatan kebaikan)”. Kami bertanya: “bagi siapa?” Rasulallah menjawab: “Bagi Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, imam-imam orang islam dan muslimin secara keseluruhan.”)

Diriwayatkan oleh Imam Muslim

[ عن أبي رقية تميم بن أوس الداري رضي الله تعالى عنه أن النبي صلى الله عليه وآله وسلم قال الدين النصيحة قلنا : لمن ؟ قال لله ولكتابه ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم ] رواه مسلم

 

8. Misi Rasulullah yang diberikan oleh Allah

Hadits ke 8

الحديث الثامن

 

(Diriwayatkan dari Ibnu Umar radhiya Allahu ta’ala ‘anhuma bahwa Rasulallah -shallallahu alaihi wa alihi wa sallam- bersabda: “Aku telah diperintahkan untuk memerangi orang-orang sampai mereka:

>> bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah,

>> menegakkan sholat

>> membayar zakat

[ عن ابن عمر رضي الله تعالى عنهما أن رسول الله صلى الله تعالى عليه وعلى آله وسلم قال أمرت أن أقاتل الناس حتى يشهدوا أن لا إله إلا الله، وأن محمدا رسول الله ويقيموا الصلاة ويؤتوا الزكاة.

 

Ketika mereka telah melaksanakan hal-hal tersebut maka darah-darah mereka dan harta-hartanya terpelihara dariku, kecuali hak-hak dalam agama Islam. Dan perhitungan amal mereka atas Allah ta’ala).

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

فإذا فعلوا ذلك عصموا مني دماءهم وأموالهم إلا بحق الإسلام وحسابهم على الله تعالى ] رواه البخاري ومسلم

 Wallahu a’lam bishhawaab…

Bersambung.

Oleh: Santrisopus (Kang IR)

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>

Post a Comment for "HADITS KETENTUAN ALLAH, BID’AH SYUBHAT DAN NASEHAT–Ngaji Arbain Nawawi ke 02-"