KATA PENGANTAR KITAB MATAN ARBAIN NAWAWI: Terjemah Arbain Nawawi –Ngaji 00-

Ngaji Terjemah Kitab Matan Arbain Nawawi:

KATA PENGANTAR MATAN ARBAIN NAWAWI

Karya Imam Yahya bin Syarofuddin an-Nawawi

متن الاربعين النووية في الاحاديث الصحيحة النبوية
للامام يحي بن شرف الدين النووي


بسم الله الرحمن الرحيم

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Yang menguasai langit dan bumi, mengatur seluruh makhluk dan yang mengutus para rasul –sholawatuhu wa salamuhu ‘alaihim- kepada orang-orang mukallaf[1] untuk memberi petunjuk dan menjelaskan aturan-aturan agama dengan dalil-dalil pasti dan bukti-bukti yang jelas.

الحمد لله رب العالمين، قيوم السموات والارضين، مدبر الخلائق اجمعين، باعث الرسل صلواته وسلامه عليهم الى المكلفين لهدايتهم وبيان شرائع الدين بالدلائل القطعية وواضحات البراهين.

 

Aku memuji-Nya atas segala nikmat-nikmat-Nya. Dan aku memohon terus bertambah anugerah dan kemurahan-Nya.

احمده على جميع نعمه. وأسئله المزيد من فضله وكرمه.

 

Dan aku bersaksi tidak ada tuhan selain Allah Dzat Yang Maha Esa, Maha Perkasa, Maha Mulia dan Maha Pengampun, dan aku bersaksi bahwa junjungan kita Muhammad adalah hamba, utusan, kekasih dan yang disayangi-Nya merupakan makhluk paling utama (unggul) yang dimuliakan dengan al-Qur’an al ‘aziiz sebagai mukjizat yang abadi atas silih bergantinya masa dan Muhammad (juga) dimuliakan dengan sunnah-sunnah (perilaku, ucapan dan ketetapan) yang menerangi orang-orang yang mencari petunjuk dan beliau diistimewakan dengan semua sabda-sabdanya dan agama yang mudah. Semoga kasih sayang Allah dan keselamatan-Nya tercurahkan kepada Muhammad dan kepada seluruh nabi, rasul, keluarganya dan seluruh orang-orang soleh.

واشهد ان لا اله الا الله الواحد القهار العزيز الغفار واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله وحبيبه وخليله افضل المخلوقين المكرم بالقران العزيز المعجزة المستمرة على تعاقب السنين وبالسنن المستنيرة للمسترشدين المخصوص بجوامع الكلم وسماحة الدين. صلوات الله وسلامه عليه وعلى سائر النبيين والمرسلين وآل كل وسائر الصالحين.

 

Amma ba’du: kami telah meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Mas’ud, Muadz bin Jabbal, Abi Darda’, Ibnu umar, Ibnu Abbas, Anas bin Malik, Abu Hurairah, Abu Sa’id al Khudri –Radhiya Allahu ta’ala ‘anhum­- dari berbagai jalur dan riwayat yang bermacam-macam bahwa: Rasulallah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa hafal atas umatku 40 hadits dari urusan agamanya maka Allah akan membangkitkannya pada Hari Kiamat termasuk dalam golongan para ahli fikih dan para ulama”. Dan di dalam riwayat lain (dengan redaksi): “Allah akan membangkitkannya sebagai ahli fikih yang alim”.

اما بعد: فقد روينا عن علي بن ابي طالب وعبد الله بن مسعود ومعاذ بن جبل وابي الدرداء وابن عمر وابن عباس وانس بن مالك وابي هريرة وابي سعيد الخدري رضي الله تعالى عنهم من طرق كثيرة بروايات متنوعات ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من حفظ على امتي اربعين حديثا من امر دينها بعثه الله يوم القيامة في زمرة الفقهاء والعلماء. وفي رواية: بعثه الله فقيها عالما،

 

Dan di dalam riwayat Abu Darda’ (dengan redaksi): “(maka) aku akan memberi syafaat –pertolongan- dan sebagai saksi di Hari Kiamat”. Dan di dalam riwayat Ibnu Mas’ud (dengan redaksi): “(maka) ia disapa dengan; ”masuklah dari pintu surga manapun yang kau inginkan”. Dan di dalam riwayat Ibnu Umar (dengan redaksi): “(maka) ia akan dicatat termasuk golongan ulama dan ia akan dikelompokkan di dalam golongan orang-orang yang mati syahid”.

وفي رواية ابي الدرداء: وكنت له يوم القيامة شافعا وشهيدا، وفي رواية ابن مسعود: قيل له ادخل من اي ابواب الجنة شئت، وفي رواية ابن عمر: كتب في زمرة العلماء وحشر في زمرة الشهداء.

 

Para Huffadz[2] telah bersepakat bahwa hadits tersebut di atas merupakan hadits dha’if (lemah), walaupun jalur periwayatannya banyak.

واتفق الحفاظ على انه حديث ضعيف وان كثرت طرقه،

 

(meskipun begitu) Para ulama –Radhiya Allahu ‘anhum- sudah banyak menyusun banyak sekali karangan-karangannya yang tidak terhitung dalam bab ini (yakni masalah hafal 40 hadits).

وقد صنف العلماء رضي الله تعالى عنهم في هذا الباب ما لا يحصى من المصنفات.

 

Orang yang pertama kali menyusun mengenai hal ini sepengetahuan saya adalah Abdullah bin al Mubarok, lalu Muhammad bin Aslam Atthusi al Alim Arrabbani, kemudian al Hasan bin Sufyan an-Nasai, Abu Bakar al Aajuri, Abu Bakar Muhammad bin Ibrahim al Ashfihani, ad-Daruquthni, al Hakim, Abu Na’im, Abu Abdirrahman Assulami, Abu Sa’id al Maliini, Abu Utsman Asshobuni, Abdullah bin Muhammad al Anshari, dan Abu Bakar al Baihaqi serta para ulama yang tidak terhitung jumlahnya dari para mutaqaddimin (ulama terdahulu) dan mutaakhiriin (ulama setelah mutaqaddimin).

فاول من علمته صنف فيه عبد الله ابن المبارك ثم محمد بن اسلم الطوسي العالم الرباني ثم الحسن بن سفيان النسائي وابو بكر الآجري وابو بكر بن ابراهيم الاصفهاني والدارقطني والحاكم وابو عبد الرحمن السلمي وابو سعيد المالي وابو عثمان الصابوني وعبد الله بن محمد الانصاري وابو بكر البيهقي وخلائق لا يحصون من المتقدمين والمتاخرين.

 

Saya telah memohon petunjuk kepada Allah ta’ala dalam pengumpulan 40 hadits karena mengikuti para imam, para alim dan para pemelihara agama islam tersebut. Para ulama telah bersepakat atas kebolehan mengamalkan hadits dha’if dalam fadhailul a’maal (tambahan-tambahan pahala amal kebaikan).

وقد استخرت الله تعالى في جمع اربعين حديثا اقتداء لهؤلاء الاعلام وحفاظ الاسلام وقد اتفق العلماء على جواز العمل بالحديث الضعيف في فضائل الاعمال.

 

Meskipun begitu, sandaran saya bukanlah pada hadits di atas namun dengan sabda nabi Muhammad shollallhu ‘alaihi wa sallam (yang tercatat) di dalam hadits-hadits shahih (yakni): “Hendaknya orang yang datang dari kalian semua (yang mendengarkan sabda nabi pada saat itu) menyampaikan kepada orang yang tidak hadir”. Dan sabda nabi Muhammad shollallhu ‘alaihi wa sallam: “Semoga Allah menjadikan bercahaya pada seseorang yang mendengar ucapakanku kemudian menghapalkan lalu menyampaikannya sebagaimana ia mendengarnya”.

ومع هذا فليس اعتمادي على هذا الحديث، بل على قوله صلى الله عليه وسلم في الاحاديث الصحيحة: ليبلغ الشاهد منكم الغائب وقوله صلى الله عليه وسلم نضر الله امرأ سمع مقالتي فوعاها فاداها كما سمعها.

 

Kemudian sebagian ulama ada yang menyusun 40 hadits mengenai ushuluddin (pondasi-pondasi agama), sebagian yang lain mengenai cabang-cabangnya (fikih), sebagiannya lagi mengenai Jihad, zuhud, adab dan khutbah-khutbah. Keseluruhan karya tersebut merupakan tujuan yang baik –semoga Allah me-ridhai orang-orang yang bermaksud dan bertujuan baik tersebut-

ثم من العلماء من جمع اربعين في اصول الدين وبعضهم في الفروع وبعضهم في الجهاد وبعضهم في الزهد وبعضهم في الادب وبعضهم في الخطب وكلها مقاصد صالحة رضي الله تعالى عن قاصدها.

 

Aku telah melihat kumpulan 40 hadits yang paling penting dari semua itu yaitu 40 hadits yang mencakup seluruh masalah tersebut. Dan masing-masing hadits itu merupakan kaidah utama dari kaidah-kaidah agama yang telah digambarkan oleh para ulama bahwa (masing-masing hadits) itu merupakan pembahasan pokok dalam islam atau hadits-hadits itu merupakan separoh islam atau sepertiga dan sebagainya.

وقد رايت جمع اربعين اهم من هذا كله وهي اربعون حديثا مشتملة على جميع ذلك. وكل حديث منها قاعدة عظيمة من قواعد الدين قد وصفه العلماء بانه مدار الاسلام عليه او هو نصف الاسلام او ثلثه او نحو ذلك.

 

Kemudian saya berupaya (menetapkan) pada 40 hadits ini merupakan hadits shahih. Sebagian besar terdapat di dalam dua kitab shahihnya Imam Bukhari dan Imam Muslim. Saya akan sebutkan hadits-hadits tersebut dengan membuang sanad-sanad-nya. Supaya mudah dihapal dan kemanfaatanya merata. Insya Allahu Ta’ala. Kemudian saya akan menyertakan bab dalam membatasi kesamaran lafadz-lafadznya.

ثم التزم في هذا الاربعين ان تكون صحيحة ومعظمها في صحيحي البخاري ومسلم واذكرها محذوفة الاسانيد ليسهل حفظها ويعم الانتفاع يها ان شاء الله تعالى ثم اتبعها بباب في ضبط خفي الفاظها.

 

Seyogyanya bagi orang yang mencintai akhirat mengetahui hadits-hadits ini, karena di dalamnya banyak hal-hal penting serta memuat peringatan atas seluruh bentuk ketaatan. Hal tersebut jelas bagi orang yang menelitinya.

وينبغي لكل راغب في الاخرة ان يعرف هذه الاحاديث لما اشتلمت عليه من المهمات واحتوت عليه من التنبيه على جميع الطاعات وذلك ظاهر لمن تدبره

 

Hanya Allah  sandaranku, hanya kepada-Nya saya berserah diri serta bergantung dan hanya milik-Nya segala pujian dan kenikmatan. Hanya oleh-Nya pertolongan dan perlindungan.

وعلى الله اعتمادي واليه تفويضي واستنادي وله الحمد والنعمة وبه التوفق والعصمة.

 Wallahu a’lam bishhawaab…

Bersambung.

Oleh: Kang IR

Ngaji Berikutnya…>> 



[1] Orang yang sudah terbebani urusan-urusan agama yakni aqil dan baligh.

[2] Para ahli hadits yang telah hafal 6000 hadits beserta sanad-sanadnya


Post a Comment for "KATA PENGANTAR KITAB MATAN ARBAIN NAWAWI: Terjemah Arbain Nawawi –Ngaji 00-"