25. DOA DARI IMAM AL GHAZALI UNTUK MURIDNYA (TAMAT) - Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

DOA DARI IMAM AL GHAZALI UNTUK MURIDNYA (TAMAT)

PENUTUP DAN DOA DARI KITAB AYYUHAL WALAD



بسم الله الرحمن الرحيم

 

Wahai anakku, sesungguhnya aku telah menulis beberapa permintaanmu pada fasal ini. Sebaiknya kau mengamalkanya dan karena hal ini janganlah kau lupakan dalam menyebutku dalam do’amu yang baik. Adapun do’a yang kau minta dariku, maka carilah didalam do’a-do’a yang shahih. Dan bacalah do’a ini dalam setiap waktumu terlebih setelah sholatmu selesai (berikut do’anya):

ايها الولد، اني كتبت في هذا الفصل ملتمساتك فينبغي لك ان تعمل بها ولا تنساني فيه من ان تذكرني في صالح دعائك. واما الدعاء الذي سألت مني فاطلبه من دعوات الصحاح. واقرأ هذا الدعاء في جميع اوقاتك خصوصا اعقاب صلواتك.

 

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu nikmat yang sempurna, penjagaan selamanya, rahmat yang menyeluruh, memperoleh kesehatan, kemakmuran penghidupan, umur yang membahagiakan, kesempurnaan melakukan kebaikan, luasnya kenikmatan, paling nikmatnya keutamaan, dan aku meminta kebaikan hati yang paling bermanfaat. Ya Allah jadikanlah apapun bermanfaat dan jangan jadikan apapun membahayakan atas kami.”

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ التِّعْمَةِ تَمَامَهَا، وَمِنَ الْعِصْمَةِ دَوَامَهَا، وَمِنَ الرَّحْمَةِ شُمُوْلَهَا، وَمِنَ الْعَافِيَةِ حُصُوْلَهَا، وَمِنَ الْعَيْشِ أَرْغَدَهُ، وَمِنَ الْعُمْرِ أَسْعَدَهُ وَمِنَ الْإِحْسَانِ أَتَمَّهُ، وَمِنَ الْإِنْعَامِ أَعَمَّهُ، وَمِنَ الْفَضْلِ أَعْذَبَهُ، وَمِنَ اللُّطْفِ أَنْفَعَهُ.

اَللَّهُمَّ كُنْ لَنَا وَلَا تَكُنْ عَلَيْنَا.

 

“Ya Allah akhirilah ajal kami dengan kebahagiaan. Wujudkanlah cita-cita kami dengan berlimpah. Sertakanlah kesempurnaan kesehatan pada waktu pagi dan sore kami. Jadikanlah rahmat-Mu sebagai tempat kami kembali pulang Tuangkanlah bertimba-timba ampunan-Mu pada dosa-dosa kami. Anugerahilah kami dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan kami. Jadikanlah taqwa sebagai bekal kami dan dalam agama-Mu sebagai perjuangan kami. Hanya pada-Mu kami berserah diri dan bersandar.”

اَللَّهُمَّ اخْتِمْ بِالسَّعَادَةِ آجَالَنَا، وَحَقِّقْ بِالزِّيَادَةِ آمَالَنَا، وَاقْرِنْ بِالْعَافِيَةِ غُدُوَّنَا وَآصَالَنَا، وَاجْعَلْ اِلَى رَحْمَتِكَ مَصِيْرَنَا وَمَآلَنَا، وَاصْبُبْ سَجَالَ عَفْوِكَ عَلَى ذُنُوْبِنَا، وَمُنَّ عَلَيْنَا بِإِصْلَاحِ عُيُوْبِنَا، وَاجْعَلِ التَّقْوَى زَادَنَا، وَفِي دِيْنِكَ اِجْتِهَادَنَا، وَعَلَيْكَ تَوَكُّلَنَا وَاعْتِمَادَنَا.

 

“Ya Allah kokohkanlah kami tetap pada jalan lurus, jagalah kami di dunia dari hal-hal yang menjadikan penyesalan di hari kiamat, ringankanlah beban berat dosa-dosa kami. Dan berikanlah kami rizqi penghidupan orang-orang yang baik. Dan hindarkanlah kami dari perkara yang menyusahkan kami di dunia dan akhirat. Jauhkanlah kami dari keburukan orang-orang yang jahat, dan tipu daya orang-orang yang suka menipu, dan merdekakanlah diri kami, bapak-bapak kami, ibu-ibu kami saudara lelaki dan perempuan kami dari api neraka dengan rahmat-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Perkasa, Wahai Dzat Yang Banyak Memberi Ampunan, Wahai Dzat Yang Maha Mulia Wahai Dzat Yang Menutupi kesalahan hambanya, Wahai Dzat Yang menciptakan siang dan malam,

اَللَّهُمَّ ثَبِّتْنَا عَلَى نَهْجِ الْاِسْتِقَامَةِ، وَأَعِذْنَا فِي الدُّنْيَا مِنْ مُوْجِبَاتِ النَّدَامَةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَخَفِّفْ عَنَّا ثِقَلَ الْأَوْزَارِ، وَارْزُقْنَا عَيْشَةَ الْأَبْرَارِ، وَاكْفِنَا مَا أَهَمَّنَا فِى هَذِهِ الدَّارِ وَفِى تِلْكَ الدَّارِ، وَاصْرِفْ عَنَّا شَرَّ الْأَشْرَارِ وَكَيْدَ الْفُجَّارِ، وَاعْتِقْ رِقَابَنَا، وَرِقَابَ آبَائِنَا، وِأُمَّهَاتِنَا وَإِخْوَانِنَا وَأَخَوَاتِنَا وَمَشَايِخِنَا مِنَ النَّارِ، بِرَحْمَتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ، يَا كَرِيْمُ، يَا سَتَّارُ، يَاخَالِقُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ،

 

 

Selamatkanlah kami dari kesusahan dunia dan siksa kubur serta siksa api neraka, Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui, Wahai Dzat Yang Maha Perkasa, Ya Allah, Ya Allah, Ya allah dengan rohmat-Mu. Wahai Dzat Yang Maha menyayangi, Wahai Dzat Yang Paling Awal, Wahai Dzat Yang Paling Akhir, Wahai Dzat Yang memiliki kekuatan yang Maha Kuat, Wahai Dzat Yang menyayangi orang-orang miskin, Wahai Dzat Yang Maha menyayangi. Tiada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya kami termasuk orang-orang yang menganiaya. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan ta’dzim-Nya pada Sayyid kita Nabi Muhammad Saw, seluruh keluarga dan sahabat-sahabatnya. Segala puji bagi Allah tuhan semseta alam.

-TAMAT-

خَلِّصْنَا مِنْ هَمِّ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْقَبْرِ وَالنَّارِ، يَا حَلِيْمُ يَا جَبَّارُ يَا اللهُ.. يَا اللهُ.. يَا اللهُ.. بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَيَا أَوَّلَ الْأَوَّلِيْنَ، وَيَا آخِرَالْأَخِرِيْنَ، وَياَ ذَاالْقُوَّةِ الْمَتِيْنِ، وَيَا رَاحِمَ الْمَسَاكِيْنِ، وَيَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

 -تمت-

 

Walhamdulillahi Rabbil ‘Alamin.

Wallahu A’lam Bisshawaab

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

PENUTUP

Apabila terdapat kekeliruan dalam menerjemah mohon untuk para memberi koreksi kepada pengelola blog dengan nama Kang Irham. Semoga terjemah kitab ini menjadi salah satu pemantik keberkahan ilmu dan juga bermanfaat bagi para santri, penulis, penyebar dan para pembaca amin Ya Rabbal ‘Alamin. Terima kasih.

Ungkapan terima kasih kepada para santri tim penerjemah kitab Ayyuhal Walad tahun 2016-2017 Pondok Pesantren Al Anshor Singkir, Jaraksari, Wonosobo, Jawa Tengah, yaitu:

 

1.      Puput Gunadi bin Zaenudin

2.      Fauzul Kirom Al Ayyubi bin Taufik

3.      Fachris Akbar Rosyadi bin Fachrudin

4.      Rachmat Hidayat bin Zaenudin

5.      Faried Al Chusna Ridhoni bin Achmad Yunus

6.      Adia Faiz Rafsanjani bin Nurofiq

1.      Dewi sartika

2.      Filda

3.      Nailul Maghfiroh

4.      Pretty rimba wati

5.      Rina Oktaviani

6.      Sabrina Salma Dili

7.      Yanti Fatimah

 

NB: Mohon Do’anya untuk kembali menerjemah kitab-kitab berikutnya. Insya Allah postingan mengenai terjemah kitab berikutnya adalah “Risalah Adab Fi Sulukil Murid” yakni kitab yang dikaji pada bulan Ramadhan tahun 2016 kemarin atau “Lubabul Hadits” yang telah dikaji oleh Islamuna Google-nya Aswaja.

Wallahu A’lam Bisshawaab

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Daftar Isi Ayyuhal Walad…>>

6 comments for "25. DOA DARI IMAM AL GHAZALI UNTUK MURIDNYA (TAMAT) - Terjemah Ayyuhal Walad"

  1. moohon dilengkapi dg harakatnya...
    syukron

    ReplyDelete
  2. izin kopas tadz terimakasih atas ilunya sangat membantu saya dalam memahami ilmu ini semoga bermanfaat salam kenal dari anak banyumas

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dikopas apabila lebih bermanfaat.
      salam kenal juga.

      Delete