15. TIPS MENCARI GURU ATAUPUN MURSYID DARI IMAM GHAZALI - Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

TIPS MENCARI GURU ATAUPUN MURSYID DARI IMAM GHAZALI


بسم الله الرحمن الرحيم

Ketahuilah! Seyogyanya bagi salik memiliki guru yang memberi petunjuk dan yang memberi pendidikan untuk menghilangkan akhlak yang buruk dari Si Salik[1] dengan menjadikan akhlak yang baik di dalam dirinya.

 

اعلم انه ينبغي للسالك شيخ مرشد مرب ليخرج الاخلاق السيئة منه بتربيته ويجعل مكانها خلقا حسنا.

 

Makna pendidikan (ini) menyerupai dengan pekerjaan petani yang menghilangkan duri dan mencabuti tumbuhan pengganggu, supaya tanamannya bagus dan sempurna hasilnya.

ومعنى التربية يشبه فعل الفلاح الذي يقلع الشوك ويخرج النباتات الاجنبية من بين الزرع ليحسن نباته ويكمل ريعه.

 

Dan harus bagi Salik memiliki guru yang mengajarkan tata krama dan menunjukan ke jalan Allah ta’ala, karena Allah mengutus hamba-hamba-Nya sebagai rasul untuk memberi petunjuk jalan menuju Allah. Kemudian setelah rasul wafat, para khalifah menggantikan posisinya, sehingga mereka menunjukan jalan Allah ta’ala (sebagai ganti dari Rasulallah).

ولابد للسالك من شيخ يؤدبه ويرشده الى سبيل الله تعالى لان الله ارسل للعباد رسولا للارشاد الى سبيله. فاذا ارتحل صلى الله عليه وسلم فقد خلف الخلفاء في مكانه حتى يرشدوا الى الله تعالى.

 

Syarat seorang guru yang layak disebut sebagai pengganti rasul –shalawatullah wa salamuhu ‘alaih- yaitu orang yang alim. Akan tetapi tidak setiap orang alim layak untuk memimpin (menggantikan Rasulullah). Dan aku akan menjelaskan kepadamu tanda-tandanya secara umum sehingga tidak  semua orang bisa diklaim sebagai mursyid.

 

وشرط الشيخ الذي يصلح ان يكون نائبا لرسول الله صلوات الله وسلامه عليه ان يكون عالما ولكن لا كل عالم يصلح للخلافة. واني ابين لك بعض علاماته على سبيل الاجمال حتى لا يدعى كل احد انه مرشد.

 

Untuk itu aku menyampaikan: “(Ciri orang yang layak disebut mursyid adalah):

ü  Beliau adalah orang berpaling dari cinta dunia dan jabatan.

ü Beliau merupakan pengikut dari seseorang yang memiliki mata hati yang dapat menghubungkan pengikut-pengikutnya pada pemimpin para rasul (shollallahu ‘alaihi wasallam).

 

فنقول: من يعرض عن حب الدنيا وحب الجاه وكان قد تابع لشخص بصير تتسلسل متابعته الى سيد المرسلين صلى الله عليه وسلم

 

ü Beliau adalah orang yang (terus-menerus) memperbaiki diri dengan melatih nafsunya dengan mengurangi makan, berbicara dan tidur. Dan merupakan orang yang memperbanyak sholat, sedekah dan puasa.

وكان محسنا رياضة نفسه بقلة الاكل والقول والنوم وكثرة الصلوات والصدقة والصوم.

 

ü   Dan seseorang yang karena mengikuti seorang Guru yang tajam mata hatinya itu menjadikan akhak-akhlak yang baik sebagai perilakunya seperti; qona’ah, ketenangan hati, bijaksana, rendah hati, pandai, jujur, malu, menepati janji, tenang, tidak tergesa-gesa dan perilaku-perilaku yang lain.

وكان بمتابعته ذلك الشيخ البصير جاعلا محاسن الاخلاق له سيرة كالصبر والصلاة والشكر والتوكل واليقين والقناعة وطمأنينة النفس والحلم والتواضع والعلم والصدق والحياء والوفاء والوقار والسكون والتأني وامثالها.

 

Oleh karena itu, seorang guru ketika telah disinari dengan cahaya-cahaya dari nabi SAW maka dia layak diikuti. Namun keberadaan guru yang seperti itu lebih langka dari belerang merah. Barang siapa yang beruntung dapat menemukan guru seperti yang aku jelaskan dan guru tersebut menerimanya maka sebaiknya orang tersebut memulyakannya secara dzahir dan batin.

فهو اذا نور من انوار النبي صلى الله عليه وسلم يصلح للاقتداء به. ولكن وجود مثله نادر اعز من الكبريت الاحمر. ومن ساعدته السعادة فوجد شيخا كما ذكرنا وقبله شيخ ينبغي ان يحترمه ظاهرا وباطنا.

 

Bersambung…

Wallahu A’lam Bisshawaab

 

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>



[1] Istilah Salik sudah tertulis pada pembahasan ke 11

Post a Comment for "15. TIPS MENCARI GURU ATAUPUN MURSYID DARI IMAM GHAZALI - Terjemah Ayyuhal Walad"