10. EKSTASE KARENA ALLAH TIDAK DAPAT DIPEROLEH DENGAN SEKEDAR TEORI - Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

EKSTASE KARENA ALLAH TIDAK DAPAT DIPEROLEH DENGAN SEKEDAR TEORI


بسم الله الرحمن الرحيم

 

Ketahuilah! Sebagian masalah yang kau tanyakan padaku itu tidak    akan terjawab secara gamblang (hanya) dengan tulisan     dan    ucapan. Jika kondisi tersebut   telah  sampai kepadamu maka kau akan mengerti apa itu sebenarnya. Jika belum  datang kepadamu, maka mengetahui  hal tersebut tidaklah   mungkin (mustahil), karena masalah tersebut termasuk urusan dauqiyah (bersifat urusan rasa).

واعلم ان بعض مسائلك التي سألتني عنها لا يستقيم جوابها بالكتابة والقول، ان تبلغ تلك الحالة تعرف ما هي. والا فعلمها من المستحيلات لانها ذوقية.

 

Dan   semua  yang dauqiyah itu tidak  mungkin dideskripsikan secara gamblang dengan  ucapan. Seperti hal nya rasa manis    sebuah manisan  dan rasa pahit sesuatu yang  pahit. Kamu tidak akan mengetahui kecuali  dengan mencicipinya.

وكل ما يكون ذوقيا لا يستقيم وصفه بالقول كحلاوة الحلو ومرارة المر لا تعرف الا بالذوق.

 

Seperti kisah seorang yang   impotensi mengirim surat ke sahabatnya, (isinya): “Beritahulah aku  kenikmatan bersetubuh. Bagaimana bisa?” Kemudian    sahabatnya menulis surat jawaban    (yang isinya): "Hei Fulan, Aku kira kau hanya impoten, dan sekarang aku tahu bahwa kau impoten  dan  gila”.

كما حكي ان عنينا كتب الى صاحب له ان عرفني لذة المجامعة كيف تكون فكتب له جوابه، يا فلان اني كنت حسبتك عنينا فقط. والان عرفت انك عنينا واحمق.

 

Karena masalah ini merupakan kenikmatan dzauqiyyah. Untuk itu jika kamu telah     mencapainya maka akan mengerti. Apabila kamu belum   sampai tidak    akan tergambar secara gamblang (hanya) dengan tulisan     dan    ucapan.

لان هذه اللذة ذوقية ان تصل اليها تعرف والا لا يستقيم وصفها بالقول والكتابة.

 

Wahai anakku, Sebagian masalahmu termasuk dari kelompok ini (yakni bersifat  dzauqiyyah).  Adapun sebagiannya lagi  yang bisa dijawab   telah  aku  sebutkan di dalam  kitab  Ihya'  'Ulumuddin dan kitab lain. Aku  akan menuturkannya ringkasannya dalam –surat- ini dan akan aku tunjukkan.

ايها الولد، بعض مسائلك من هذا القبيل واما البعض الذي يستقيم له الجواب فقد ذكرناه في احياء العلوم وغيره ونذكرها هنا نبذا منه ونشير اليه.

 

Bersambung…

Wallahu A’lam Bisshawaab

 

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>

Post a Comment for "10. EKSTASE KARENA ALLAH TIDAK DAPAT DIPEROLEH DENGAN SEKEDAR TEORI - Terjemah Ayyuhal Walad"