09. BUKAN KEANEHAN PARA WALI YANG SEHARUSNYA DICONTOH - Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

BUKAN KEANEHAN PARA WALI YANG SEHARUSNYA DICONTOH


بسم الله الرحمن الرحيم

 

Wahai anakku, Pernah diceritakan dibuku (yang berisi) pesan-pesan Luqman al-Hakim kepada puteranya. Dia berkata pada puteranya: "Nak, sungguh jangan sampai ayam jago lebih cerdas dari pada dirimu! Dia berkokok memanggil-manggil di waktu sahur sementara kamu tidur."

ايها الولد، روي في وصايا لقمان الحكيم لابنه انه قال: يابني, لا يكونن الديك اكيس منك ينادي بالاسحار وانت نائم.

 

Seseorang telah menggubah syair yang benar-benar bagus:

Ditengah malam, sungguh burung-burung merpati berkicau lemah di atas ranting sedangkan aku terlelap tidur.

ولقد احسن من قال شعرا:

لقد هتفت في جنح ليل حمامة * على فنن وهنا وانى لنائم

 

Aku telah berdusta. Demi Baitullah, apabila aku benar-benar rindu pada Allah tentunya merpati itu tidak akan mendahuluiku menangis.

كذبت وبيت الله لو كنت عاشقا * لما سبقتني بالبكاء الحمائم

 

Aku kira diriku tak tahu arah karena rindu pada Allah, akan tetapi aku tak mampu menangis, sedangkan binatang-binatang sedang mengeluarkan air mata.

وازعم اني هائم ذو صبابة * لربي فلا ابكي وتبكي البهائم

 

Wahai anakku, intisari ilmu adalah kamu mengerti (jawaban dari) apa itu hakikat ketaatan dan ibadah.

ايها الولد، خلاصة العلم ان تعلم الطاعة والعبادة ما هي.

 

Ketahuilah, sesungguhnya taat dan ibadah itu mengikuti Syaari’ (Muhammad saw) dalam perintah, larangan, perkataan dan perbuatannya. Artinya, semua perkara yang kamu ucapkan, lakukan, dan tinggalkan itu keseluruhannya mengikuti syariat. Seperti halnya, jika kamu berpuasa pada dua hari raya dan hari-hari tasyrik, maka kamu adalah orang yang bermaksiat. Atau kamu sholat dengan pakaian ghasab, walaupun berbentuk ibadah kamu tetap berdosa.

اعلم ان الطاعة والعبادة متابعة الشارع في الاوامر والنواهي بالقول والفعل. يعني كل ما تقول وتفعل وتترك يكون باقتداء الشرع. كما لو صمت يوم العيد وايام التشريك تكون عاصيا. او صليت في ثوب مغصوب وان كانت صورة عبادة تأثم.

 

Wahai anakku, lebih baik ucapan dan perbuatanmu itu sesuai dengan syariat. Karena ilmu dan amal tanpa mengikuti syariat itu sesat. Seyogyanya kamu tidak tertipu dengan keanehan dan hal-hal menakjubkan para sufi. Karena sesungguhnya menempuh jalan ini adalah dengan mujahadah, menghentikan kesenangan nafsu dan memeranginya dengan riyadhoh yang diserupakan pedang, bukan dengan keanehan dan perbuatan tak berguna

ايها الولد، ينبغي لك ان يكون قولك وفعلك موافقا للشرع. اذ العلم والعمل بلا اقتداء الشرع ضلالة. وينبغي لك الا تغتر بالشطح وطامات الصوفية. لان السلوك هذا الطاريق يكون بالمجاهدة وقطع شهوة النفس وقتل هواها بسيف الرياضة لا بالطامات والترهات.

 

Ketahuilah bahwa sesungguhnya mulut yang tidak dikendalikan, hati yang tertutup yang telah dipenuhi kelalaian dan syahwat merupakan tanda-tanda celaka. Oleh karena itu, Ketika kamu tidak memerangi nafsumu dengan melakukan mujahadah yang serius, maka hatimu tidak akan hidup dengan cahaya-cahaya ma’rifat.

واعلم ان اللسان المطلق والقلب المطبق المملوء بالغفلة والشهوة علامة الشقاوة. فاذا لم تقتل النفس بصدق المجاهدة فلن يحي قلبك بانوار المعرفة.

 

Bersambung…

Wallahu A’lam Bisshawaab

 

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>


Post a Comment for "09. BUKAN KEANEHAN PARA WALI YANG SEHARUSNYA DICONTOH - Terjemah Ayyuhal Walad"