07. ORANG-ORANG ALIM DAN PANDAI YANG MENYESAL - Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

ORANG-ORANG ALIM DAN PANDAI YANG MENYESAL


بسم الله الرحمن الرحيم

Wahai anakku, ilmu tanpa diamalkan itu sebuah kegilaan, dan amal tanpa disertai ilmu tidak akan pernah ada.

ايها الولد، العلم بلا عمل جنون، والعمل بغير علم لايكون.

 

Dan ketahuilah sesungguhnya ilmu yang tidak menjauhkan hari-harimu dari perbuatan dosa dan tidak membawamu kedalam ketaatan itu kelak tidak akan menjauhkanmu dari api Jahannam. Ketika kamu tidak beramal dengan ilmumu dimasa sekarang dan tidak memperbaiki hari-hari yang telah terlewat, maka besok di Hari Kiamat kamu akan berkata: "Kembalikanlah kami, kami pasti  akan berbuat baik". Kemudian akan dijawab: "Hai orang dungu kamu telah datang dari sana (yakni dunia)."

واعلم ان العلم الذي لا يبعدك اليوم عن المعاصي ولا يحملك على الطاعة لن يبعدك غدا عن النار جهنم. فاذا لم تعمل بعملك اليوم ولم تدارك الايام الماضية تقول غدا يوم القيامة: فارجعنا نعمل صالحا ، فيقال: يا احمق انت من هناك تجيئ.

 

Wahai anakku, jadikanlah kesemangatan dalam jiwamu kekalahan dalam nafsumu dan kematian dalam badanmu, karena sesungguhnya tempatmu adalah kuburan, sementara itu ahli kubur menunggumu setiap saat (dia berkata) kapan kamu akan menyusul? Berhati-hatilah, jika kamu menyusul mereka tanpa bekal

ايها الولد، اجعل الهمة في الروح، والهزيمة في النفس، والموت في البدن ، لان منزلك القبر، واهل المقابر ينتظرونك في كل لحظة متى تصل اليهم. اياك اياك ان تصل اليهم بلا زاد.

 

Abu Bakar As-Sidiq radhiallahu 'anhu berkata: "Jasad ini laksana sangkar burung atau kandang hewan ternak. Untuk itu pikirlah dalam dirimu. Termasuk yang manakah kamu? Jika kamu termasuk burung yang berada di atas udara maka ketika kamu mendengar suara "Kembalilah kamu pada Tuhanmu" maka ia akan terbang ke atas hingga mencapai puncak menara-menara surga yang luhur. Seperti sabda Rasulullah saw: " 'Arsy milik Dzat Yang Maha Pengasih bergetar sebab meninggalnya Sa'adz bin Mu'adz." Perlindungan hanya kepada Allah apabila kamu termasuk golongan hewan ternak seperti firman Allah: "Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi."  (Al-A'raf: 179) Maka janganlah kamu merasa aman pada perpindahanmu dari ujung dunia ke jurang neraka.”

قال ابو بكر الصديق رضي الله عنه: هذه الاجساد قفص الطيور او اصطبل الدواب فتفكر في نفسك، من ايهما انت؟ ان كنت من الطيور العلوية فحين تسمع طنين طبل "ارجعي الى ربك" تطير صعيدا الى ان تقعد في اعالي بروج الجنان. كما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اهتز  عرش الرحمن  من موت سعد بن معاذ. والعياذ بالله ان كنت من الدواب، كما قال الله تعالى : اولئك كالانعام بل هم اضل.[1] فلا تأمن انتقالك من زاوية الدار الى هاوية النار.

 

Dan diceritakan bahwa sesungguhnya Hasan Al Basri rahimahullahu ta'ala: Beliau diberi air minum dingin kemudian beliau pun mengambil gelas. (tiba-tiba) beliau pingsan gelas tersebut jatuh dari pegangan tangannya. Saat sadar, beliau ditanya: Apa yang terjadi padamu wahai Abu Sa'id? Beliau menjawab: "Aku ingat pada harapan penduduk neraka ketika mereka berkata kepada penduduk surga: "Tuangkanlah pada kami air surga atau apapun yang telah Allah berikan padamu."

وروي ان الحسن البصري رحمه الله تعالى اعطى شربة ماء بارد فأخذ القدح وغشي عليه وسقط من يده. فلما افاق قيل: ما لك يا ابا سعيد؟ قال ذكرت امنية اهل النار حين يقولون لاهل الجنة: أن افيضوا علينا من الماء او مما رزقكم الله.

 

Bersambung…

Wallahu A’lam Bisshawaab

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>



[1] Al A’raf ayat 179

Post a Comment for "07. ORANG-ORANG ALIM DAN PANDAI YANG MENYESAL - Terjemah Ayyuhal Walad"