04. PANDAI ATAU ALIM SAJA BELUM PANTAS MEMPEROLEH RAHMAT ALLAH-Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

PANDAI ATAU ALIM SAJA BELUM PANTAS MEMPEROLEH RAHMAT ALLAH



بسم الله الرحمن الرحيم

 

Apabila kamu telah membaca ilmu selama 100 tahun dan mengumpulkan 1000 kitab, belumlah menjadikanmu sebagai orang yang telah siap memperoleh kasih sayang Allah kecuali dengan mengamalkannya. (kemudian Imam Al-Ghazali mengutip ayat Al-Qur’an sebagai dalil-penerj.):

Dan sesungguhnya tidak akan bermanfaat bagi manusia kecuali apa yang dilakukannya”.

"Barang siapa yang hendak berharap untuk mendapat rohmat Allah maka hendaknya beramal sholeh”.

Sebagai balasan atas apa yang mereka perbuat”.

ولو قرأت العلم مائة سنة وجمعت الف كتاب لا تكون مستعدا لرحمة الله تعالى الا بالعمل.

" وأن ليس للانسان الا ما سعى[1]

"فمن كان يرجو لقاء ربه فليعمل عملا صالحا".[2]

" جزاء بما كانوا يكسبون[3]".

 

Sesungguhnya orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan itu untuk mereka disediakan surga firdaus sebagai tempat tinggal mereka yang kekal didalamnya yang mereka tidak ingin pindah dari sana,”

"ان الذين امنوا وعملوا الصالحات كانت لهم جنات الفردوس نزلا خالدين فيها لا يبغون عنها حولا"[4] .

 

Kemudian datanglah setelah mereka pengganti yang mengabaikan sholat dan mengikuti keinginannya maka kelak mereka akan tersesat kecuali orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan kebaikan, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak didzolimi (dirugikan) sedikitpun”.

" فخلف من بعدهم خلف اضاعوا الصلوة واتبعوا الشهوات فسوف يلقون غيا الا من تاب وآمن وعمل صالحا فأولئك يدخلون الجنة ولا يظلمون شيئا".[5]

 

 

“Apa pendapatmu mengenai hadits: Islam dibangun atas lima perkara yakni Bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad itu utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan haji ke Baitullah bagi yang mampu menjalankannya.

وما تقول في هذ الحديث : بني الاسلام على خمس شهادة ان لا اله الا الله وان محمد رسول الله واقام الصلاة وايتاء الزكاة وصوم رمضان وحج البيت لمن استطاع اليه سبيلا.

 

 

".Sementara itu iman adalah mengucapkan dengan lisan membenarkan dalam hati serta mengamalkan dengan anggota lahir. Dan dalil untuk beramal (mengaplikasikan ilmu) itu sangat banyak. Walaupun seorang hamba dapat masuk surga sebab anugerah dan karunia Allah Ta’ala tetapi setelah mempersiapkan diri dengan ketaatan dan beribadah pada-Nya. “Karena sesungguhnya rahmat Allah itu dekat dengan orang yang berbuat baik”.

والايمان قول باللسان وتصديق بالجنان وعمل بالاركان، ودليل الاعمال اكثر من ان يحصى وان كان العبد يبلغ الجنة بفضل الله تعالى وكرمه، لكن بعد ان يستعد بطاعته وعبادته "لان رحمة الله قريب من المحسنين".[6]

 

 

Apabila dikatakan lagi (bahwa) seseorang bisa sampai (memperoleh rahmat-Nya dan masuk surga) itu hanya dengan  iman. Saya jawab: Memang benar, namun kapan sampainya? Dan seberapa banyak rintangan sulit yang  harus ditempuh hingga ia sampai? Sedangkan permulaannya adalah rintangan keimanan. Apa ia bisa selamat dari tercerabutnya iman atau tidak? Dan apabila ia telah lolos, bukankah ia tetap tergolong orang yang rugi nan bangkrut?

ولو قيل ايضا يبلغ بمجرد الايمان قلنا :نعم، لكن متى يبلغ؟ وكم من عقبة كؤود يقطعها الى ان يصل ؟ فاول تلك العقبات عقبة الايمان، وانه هل يسلم من سلب الايمان ام لا ؟واذا وصل هل يكون خائبا مفلسا ؟

 

 

Syaikh Hasan Al Bashri berkata : Besok di hari kiamat Allah akan berfirman kepada semua hambanya: ”Wahai hamba-hambaku masuklah ke surga sebab rahmat-Ku dan bagilah kenikmatan surga sesuai dengan amalmu”.

وقال الحسن البصري : يقول الله تعالى لعباده يوم القيامة: ادخلوا يا عبادي الجنة برحمتي واقتسموا باعمالكم.

 

Bersambung…

Wallahu A’lam Bisshawaab

 

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>



[1] Annajm ayat 39

[2] Al kahfi ayat 110

[3] Terdapat dalam surat attaubat ayat 82 dan ayat 95

[4] Al kahfi ayat 106

[5] Maryam ayat 59-60

[6] Al A’raf ayat 55

Post a Comment for "04. PANDAI ATAU ALIM SAJA BELUM PANTAS MEMPEROLEH RAHMAT ALLAH-Terjemah Ayyuhal Walad"