02. UMUR 40 TAHUN SEBAGAI TITIK PENENTU NASIB SISA HIDUP BERDASAR SABDA RASULALLAH- Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

 UMUR 40 TAHUN SEBAGAI TITIK PENENTU NASIB SISA HIDUP BERDASAR SABDA RASULALLAH


بسم الله الرحمن الرحيم

 

Ketahuilah, Wahai anakku dan pencinta kemulyaan -Semoga Allah selalu memanjangkan sisa umurmu dengan menaati-Nya, dan Semoga Allah menunjukkan padamu  jalan kekasih-kekasih-Nya- sesungguhnya nasehat yang tersebar telah tertulis dalam intisari risalah (kitab-kitab), apabila nasehat baik telah sampai kepadamu, nasehatku mana yang kamu butuhkan? Dan jika belum sampai kepadamu, katakanlah padaku Apa yang telah kamu peroleh ditahun-tahun sebelumya?

اعلم، ايها الولد والمحب العزيز – اطال الله بقاك بطاعته وسلك بك سبيل احبائه- أن منشور النصيحة يكتب من معدن الرسالة، ان كان بلغك منه نصيحة فاي حاجة لك في نصيحتي؟ وان لم يبلغك فقل لي : ماذا حصلت في هذه السنين الماضية ؟

 

 

Wahai anakku, Sebagian dari yang dinasehatkan Rasulullah SAW pada umatnya yaitu sabda beliau: "Tanda berpalingnya Allah dari hambanya adalah ia tersibukkan dengan sesuatu yang tidak bermanfaat. Dan sesungguhnya orang yang telah kehilangan waktu dari umurnya untuk selain ibadah, tentu sangat layak baginya kerugian yang panjang. Dan barang siapa umurnya telah melebihi 40 tahun, sementara amal kebaikannya tidak melebihi  amal keburukannya maka bersiap-siaplah menuju neraka”. Di dalam nasehat ini telah mencukupi bagi ahli ilmu.

ايها الولد، من جملة ما نصح به رسول الله – صلى الله عليه وسلم- امته قوله –عليه السلام- : علامة اعراض الله تعالى عن العبد اشتغاله بما لايعنيه. وان امرأ ذهبت ساعة من عمره في غير ما خلق له من العبادة لجدير ان تطول عليه حسرته. ومن جاوز الاربعين ولم يغلب خيره على شره فليتجهز الى النار . وفي هذه النصيحة كفاية لأهل العلم.

 

Bersambung…

Wallahu A’lam Bishowaab

 

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>

Post a Comment for "02. UMUR 40 TAHUN SEBAGAI TITIK PENENTU NASIB SISA HIDUP BERDASAR SABDA RASULALLAH- Terjemah Ayyuhal Walad"