01. LATAR BELAKANG IMAM GHAZALI MENULIS SURAT KEPADA MURIDNYA - Terjemah Ayyuhal Walad

Ngaji Terjemah Kitab Ayyuhal Walad:

LATAR BELAKANG IMAM GHAZALI MENULIS SURAT KEPADA MURIDNYA YANG MENJADI KITAB AYYUHAL WALAD

Sampul kitab ayyuhal walad saat ngaji tahun 2000

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

بسم الله الرحمن الرحيم.

 

Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam dan akhir yang baik untuk orang-orang yang bertaqwa. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada-Nya (Muhammad SAW) dan keseluruhan keluarganya.

الحمد لله رب العالمين ، والعاقبة للمتقين ، والصلاة والسلام على نبيه وآله اجمعين.

 

Ketahuilah  sesungguhnya ada salah satu dari para pelajar klasik terus melayani Syaikh al Imam Zain Addin Hujjatul Islam Abu Khamid Muhammad Al Ghazali -semoga Allah mensucikan ruhnya- , dan dia (juga) tersibukan dengan pencapaian (keilmuan) dan belajar dari beliau, sampai-sampai ia telah mengumpulkan ilmu-ilmu yang mendetail dan telah menyempurnakan kebaikan-kebaikan jiwanya.

اعلم، ان واحدا من الطلبة المتقدمين لازم خدمة الشيخ الامام زين الدين حجة الاسلام ابي حامد الغزالي –قدس الله روحه – واشتغل بالتحصيل وقراءة العلم عليه حتى جمع دقائق العلوم، واستكمل فضائل النفس.

 

Kemudian, pada suatu hari saat sendiri ia berfikir , dan terbersit dalam hatinya dan berkata: “Sesungguhnya aku telah membaca bermacam-macam ilmu (pengetahuan) dan menghabiskan sebagian umur produktifku  untuk mempelajari dan mengumpulkannya. Sekarang sebaiknya bagiku mengetahui ilmu-ilmu mana yang akan bermanfaat bagiku suatu hari nanti dan menemaniku dalam kuburanku kelak dan ilmu mana yang tidak bermanfaat bagiku sehingga akan aku tinggalkan, seperti sabda Rasulullah SAW: “Ya Allah Aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat”.

ثم انه تفكر يوما في حال نفسه، وخطر على باله، وقال : اني قرأت انواعا من العلوم وصرفت ريعان عمري على تعلمها وجمعها، والآن ينبغى لي ان اعلم اي نوعها ينفعني غدا ويؤنسني في قبري، وايها لاينفعني حتى اتركه، كما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اللهم اعوذ بك من علم لا ينفع.

 

Pikiran tersebut terus-menerus berlangsung sehingga ia menulis surat kepada Syaikh Hujjatul Islam Muhammad Al Ghazali -Rahimahullah- karena tujuan meminta fatwa, menanyakan beberapa masalah dan memohon nasehat serta doa.

فاستمرت هذه الفكرة حتى كتب الى حضرة الشيخ حجة الاسلام محمد الغزالي – رحمه الله تعالى- استفتاء ، وسأله مسائل والتمس نصيحة ودعاء.

 

Ia berkata (di dalam suratnya): “Walaupun karangan-karangan Syeikh seperti Ihya Ulumuddin dan lain-lainnya terdapat jawaban atas persoalan-persoalanku, tetapi maksudku adalah semoga Syeikh berkenan menuliskan yang aku butuhkan dalam lembaran yang akan mengiringiku selama hidup, dan (menjadikan) aku mengamalkan yang ada didalamnya sepanjang umurku.”

قال : وان كان مصنفات الشيخ كالاحياء وغيره تشتمل على جواب مسائلي لكن مقصودي ان يكتب الشيخ حاجتي في ورقات تكون معي مدة حياتي، واعمل بما فيها مدة عمري.

 

Kemudian Syaikh menuliskan Risalah ini sebagai jawabannya. Wallahu A’lam.

فيكتب الشيخ هذه الرسالة اليه في جوابه. والله اعلم.

 

Kelanjutannya akan ditulis dipostingan berikutnya,

Wallahu a’lam bisshawab.

 

By: Santri al Anshor Wonosobo

 

<< Ngaji Sebelumnya…

Ngaji Berikutnya…>>

Post a Comment for "01. LATAR BELAKANG IMAM GHAZALI MENULIS SURAT KEPADA MURIDNYA - Terjemah Ayyuhal Walad"